Aplikasi MyPertamina Dapat Rating 1 dari Netizen, Kenapa?

PT Pertamina (Persero) menerapkan mekanisme baru pendaftaran BBM subsidi melalui website MyPertamina, khusus untuk mobil.

 Petugas SPBU memberikan panduan kepada pengendara mobil untuk pengisian BBM melalui aplikasi MyPertamina di Bandung, Jawa Barat, Jumat (1/7/2022).  (Antara/Raisan Al Farisi)

SOLOPOS.COM - Petugas SPBU memberikan panduan kepada pengendara mobil untuk pengisian BBM melalui aplikasi MyPertamina di Bandung, Jawa Barat, Jumat (1/7/2022). (Antara/Raisan Al Farisi)

Solopos.com, SOLO – Aplikasi MyPertamina, milik PT Pertamina (Persero) mendapatkan berbagai ulasan negatif di Google Play Store menjelang pelaksanaan pendaftaraan pembeliaan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar Subsidi menggunakan aplikasi tersebut.

Berdasarkan pantauan Soloposcom, hingga Jumat (1/7/2022), aplikasi MyPertamina mendapatkan rating 1,1 dari 5. Aplikasi ini pun telah di unggah lebih dari 1 juta orang dan telah diulas oleh 163.000 lebih, di mana 99.000 lebih meninggalkan bintang satu.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Banyak pengguna yang mengeluhkan aplikasi tidak bisa dipakai ketika ingin mendaftar.

Salah satu pengguna Amar Chucky yang memberikan rating 1 pada aplikasi MyPertamina mengaku ketika mencoba melakukan pendaftaran, tidak bisa masuk ke aplikasi dan juga harus mengulang kembali melakukan pendaftaran dari awal “Aplikasi tipu-tipu kali ya. Setelah diikuti kemauannya, tidak dipermudah tapi dipersulit. Payah,” ujar Amar dikutip pada Jumat.

Selain Amar, juga ada beberapa pengguna seperti Khairul Ahnar yang juga memberikan rating 1 mengatakan aplikasi MyPertamina dinilai terlalu memaksakan proyek berbasis aplikasi. Khairul menjelaskan sistem pembayaran di MyPertamina tidak fleksibel.

“Bukan mempermudah tetapi semakin mempersulit masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga: Hari Pertama Uji Coba Beli Pertalite-Solar Pakai MyPertamina di Bandung

Selain itu, Dewi Leila yang memberikan rating 1 juga mengatakan ketika ingin mendaftar di aplikasi MyPertamina, muncul keterangan di aplikasi yaitu terjadi kesalahan pada aplikasi. Ketika Dewi mengulang-ulang di jeda waktu tertentu tetap aplikasi tidak bisa dipakai.

“Sebelum putuskan tanggal efektif, beresin dulu kualitas aplikasinya,” ujarnya.

Sebelumnya, guna memastikan distribusi BBM tepat sasaran dan tepat kuota, PT Pertamina (Persero) menerapkan mekanisme baru pendaftaran BBM subsidi melalui website MyPertamina, khusus untuk mobil.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, mengatakan penyaluran Pertalite maupun Solar subsidi memiliki berbagai tantangan.

Baca Juga: Pertamina: Banyak Yang Salah Kaprah Soal MyPertamina Untuk BBM Subsidi

Di antaranya penyaluran yang tidak tepat sasaran. Misalnya, untuk pengguna yang seharusnya tidak berhak ikut mengonsumsi BBM bersubsidi.

Disebutkan, hal itu turut memengaruhi kuota yang harus dipatuhi Pertamina Patra Niaga selaku badan usaha yang ditugaskan.

Irto menjelaskan, 60% masyarakat mampu atau yang masuk dalam golongan terkaya ternyata mengonsumsi hampir 80% dari total konsumsi BBM bersubsidi. Sedangkan 40% masyarakat rentan dan miskin hanya mengkonsumsi 20% dari total subsidi energi tersebut.

Baca Juga: Pertamina: Banyak Yang Salah Kaprah Soal MyPertamina Untuk BBM Subsidi

“Jadi diperlukan suatu mekanisme baru, bagaimana subsidi energi ini benar-benar diterima dan dinikmati yang berhak,” kata Irto dalam keterangan resmi, Kamis (30/6/2022).

Subsidi yang tepat sasaran menjadi penting dilakukan, mengingat Pemerintah telah berkontribusi besar mengalokasikan dana hingga Rp520 triliun untuk subsidi energi di tahun 2022.

Dalam memastikan subsidi energi tersebut, Pertamina Patra Niaga juga harus mematuhi regulasi yang berlaku. Di antaranya Peraturan Presiden No. 191/2014 serta Surat Keputusan (SK) Kepala BPH Migas No. 04/P3JBT/BPH Migas/KOM/2020.

Baca Juga: Pendaftaran Aplikasi MyPertamina Hanya untuk Pemilik Roda 4

Irto menjelaskan seluruh regulasi mengenai segmentasi pengguna, kuota, dan regulasi terkait penyaluran lain sudah tertuang dalam regulasi tersebut. Namun di lapangan masih tidak tepat sasaran.

“Pertamina Patra Niaga selaku yang ditugaskan juga berinisiatif, memastikan penyaluran di lapangan ini bisa berjalan lebih tepat sasaran dengan uji coba awal pencocokan data berbasis sistem atau digital menggunakan MyPertamina,” jelas Irto.

Pemilihan website MyPertamina bukan tanpa alasan. Sesuai Peraturan BPH Migas No. 6/2013, penggunaan sistem teknologi IT dalam penyaluran BBM dapat dilakukan. Mulai 1 Juli, direncanakan dilakukan uji coba pendaftaran melalui website MyPertamina yakni subsiditepat.mypertamina.id.

Baca Juga: Antisipasi Laman MyPertamina Error, Ini Yang Dilakukan Pertamina

Pada tahap ini, pendaftaran fokus untuk melakukan pencocokan data antara yang didaftarkan oleh masyarakat dengan dokumen dan data kendaraan yang dimiliki. Setelah statusnya terdaftar, masyarakat akan mendapatkan QR Code Unik yang akan diterima melalui email atau notifikasi di website subsiditepat.mypertamina.id.

Untuk kemudahan masyarakat, QR Code bisa di-print out dan dibawa ke SPBU, sehingga tidak wajib mengunduh aplikasi MyPertamina atau membawa handphone ke SPBU.

Mekanisme ini masih dikhususkan untuk kendaraan roda empat (mobil). Adapun pendaftaran ini dimulai pada 1 Juli. Pendaftaran akan dibuka hingga 30 Juli 2022. Selama masa pendaftaran dan transisi ini, masyarakat masih tetap bisa membeli Pertalite dan Solar, namun Pertamina tetap mendorong masyarakat agar mendaftarkan kendaraan dan identitasnya.

“Kami juga tegaskan kembali, tidak wajib memiliki aplikasi MyPertamina, namun wajib mendaftar di website subsiditepat.mypertamina.id, dan ini khusus untuk kendaraan roda empat [mobil],” kata dia.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Pendaftaran BBM Subsidi Lewat Website MyPertamina Khusus Mobil

 

Sumber: Bisnis.com

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Berwisata Pakai Kebaya, The Sunan Hotel Solo Dukung #Kebaya Goes to Unesco

      The Sunan Hotel Solo kembali melakukan gerakan kampanye dukung #Kebaya Goes To Unesco.

      BRI Kembali Buka BFLP IT untuk Cari Talenta Unggul di Bidang IT

      Untuk terus bertumbuh menjadi perusahaan kelas dunia, BRI terus menjalankan program rekrutmen untuk mendapatkan SDM unggul di bidang IT melalui BFLP IT.

      Baznas Solo dan Solopos Apresiasi Perjuangan dan Kerja Keras Pengasong Koran

      Baznas Solo bersama Solopos Media Group (SMG) menyalurkan paket bantuan kepada 50 pengasong koran di Solo, Jumat (30/9/2022).

      46 Tenant Ramaikan Semarak SGS 2022 di Atrium Solo Square

      Event festival dan bazar tersebut digelar di Atrium Solo Square Mall Jl. Slamet Riyadi Solo akan berlangsung selama empat hari mulai Jumat (30/9/2022) hingga Senin (3/10/2022).

      Widodo Makmur Perkasa Perluas Pasar Daging Ayam ke China

      PT Widodo Makmur Perkasa (WMPP) akan memperluas pangsa pasar ke China.

      Perajin Tahu di Solo Tak Kesulitan Dapat Stok Kedelai, Tapi Harganya Mahal

      Sejumlah perajin tahu dan penjual bahan olahan kedelai di Kota Solo tak mengalami kesulitan mencari stok kedelai.

      Webinar Internasional hingga Membatik 12 Jam dalam Batik Art Festival 2022

      Berbeda dengan pelaksanaan sebelum-sebelumnya, tahun ini BAF lebih banyak melibatkan perguruan tinggi dan diwarnai dengan webinar empat negara serta kegiatan membatik 12 jam.

      Pengamat UNS: Penataan PKL TSTJ Solo Harus Mempertimbangkan Berbagai Faktor

      Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Solo untuk menata pedagang kaki lima (PKL) dari Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), dinilai berpotensi menimbulkan masalah baru.

      SGIC V 2022 Wujud Apresiasi Tertinggi kepada Inovator Terbaik Perusahaan

      PT Semen Gresik (PTSG) memberikan apresiasi tertinggi kepada para innovator terbaik di lingkup perusahaan dalam ajang awarding Semen Gresik Innovation Convention (SGIC) V 2022.

      Harga 43 Komoditas Pangan Pasar Legi Solo Stabil

      Harga komoditas pangan di dua pasar di Kota Solo terpantau stabil.

      Antam dan UBS Kompak Naik! Cek Harga Emas Pegadaian, Jumat 30 September 2022

      Harga emas yang dijual di Pegadaian, Jumat (29/9/2022) hari ini kompak naik untuk kadar 24 karat UBS dan Antam.

      Ajak Anak Muda Peduli Lingkungan, Cinta Laura: BRI The Best ESG’s Mover

      Public figure multitalenta sekaligus brand ambassador BRI Cinta Laura Kiehl mengungkapkan rasa kagumnya terhadap komitmen BRI dalam menjalankan prinsip-prinsip berkelanjutan dalam ESG.

      Sekarang Kamu Bisa Convert Pulsa Jadi Uang Cepat & Aman!

      Saat ini aplikasi Viapulsa sudah di download 1 juta orang lebih, yang artinya sudah banyak orang yang merasakan manfaatnya.

      IHSG Dibayangi Ambruknya Wall Street, Cek Saham-Saham Ini

      Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan kembali melemah pada perdagangan, Jumat (30/9/2022) hari ini.

      Dinobatkan sebagai Tokoh Transformasi Digital Kelistrikan, Ini Kata Dirut PLN

       Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo dinobatkan sebagai Tokoh Transformasi Digital Kelistrikan Nasional karena perannya memimpin transformasi PLN.

      Ratusan Stan Jajanan Meriahkan Festival Sekaten di Halaman Masjid Agung Solo

       Ratusan stan jajanan dan mainan tradisional yang tergabung dalam event Festival Sekaten Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kauman akan meramaikan Sekaten Keraton Solo.