SOLOPOS.COM - Indonesia Nomor 1 Pengguna Line (Liputan6.com)

Aplikasi live streaming semakin populer. Ada beberapa alasan yang menyebabkan layanan tersebut menjadi terkenal.

Solopos.com, SOLO — Generasi muda pengguna smartphone saat ini mungkin sudah tak asing lagi dengan aplikasi live streaming milik Twitter, Periscope. Keberadaan layanan itu disebut telah mengubah cara generasi muda saat ini berinteraksi dengan orang lain.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Secara umum aplikasi live streaming menawarkan cara berbeda untuk berkomunikasi. Dengan ini pengguna dapat berinteraksi dengan banyak orang sekaligus dalam satu waktu. Keberhasilan Periscope mendulang banyak pengguna menarik minat banyak perusahaan lain untuk ikut menghadirkan layanan serupa, salah satunya adalah Facebook.

Beberapa waktu lalu, media sosial buatan Mark Zuckerberg tersebut juga telah memperkenalkan layanan Live yang menawarkan fitur live streaming serupa dengan Periscope. Bahkan, kabar terbaru menyebutkan Google juga mulai merambah layanan ini dengan menghadirkan Youtube Connect.

Keberhasilan aplikasi live streaming tadi lantas menimbulkan pertanyaan, mengapa layanan video live streaming dapat begitu sukses? Berikut ini beberapa alasan aplikasi live streaming menjadi populer sebagaimana dilaporkan Forbes, Senin (28/3/2016).

1. Bersifat Pribadi dan Intim

Tak dapat dipungkiri, aplikasi live streaming semakin membuat banyak orang berbagi kegiatannya secara langsung. Melalui layanan seperti Periscope, pengguna dapat membagi pengalamannya secara langsung melalui siaran yang dilakukannya di aplikasi tersebut.

Penonton juga akan merasa lebih dekat dengan pengunggah video, sebab video dilakukan secara real-time. Oleh sebab itu, tak salah apabila beberapa merek menggandeng orang-orang populer yang sering melakukan live streaming sebagai bagian dari pemasaran.

2. Sifatnya Mengikat

Setelah semakin banyak orang yang hadir di aplikasi live streaming, jelas makin banyak pula yang akan menontonnya. Salah satu alasannya adalah pengguna tak ingin kehilangan momen istimewa ketika seseorang melakukan live streaming, terlebih apabila siaran itu dilakukan oleh seseorang yang populer.

Keberadaan layanan ini sangat berbeda jauh dengan kondisi konten video tradisional yang dapat ditonton kapan saja ketika diinginkan. Oleh sebab itu, konten yang hadir live streaming akan semakin banyak ditunggu oleh pengguna.

3. Tak Perlu Berlebihan

Salah satu karakteristik utama dari live streaming adalah semuanya dilakukan secara alami. Hal itu juga didukung oleh generasi muda saat ini yang menginginkan sesuatu hadir secara langsung dan itu dapat ditawarkan oleh layanan live streaming.

Sebab, lewat aplikasi live streaming seseorang kadang tak perlu melakukan edit atau mengatur tampilan video agar terlihat lebih baik. Jadi, video yang ditampillkan apa adanya.

Hal itu juga yang menjadikan layanan live streaming lebih manusiawi. Kondisi itu jelas akan memberikan keuntungan bagi sebuah merek sebab perlu lagi menawarkan produk lewat iklan yang berlebihan. Satu jenis merek dapat menggandeng orang-orang populer untuk menyiarkan sebuah produk yang mejadi bagian dari kehidupannya.

4. Masa Depan Live Streaming

Setelah melihat semua hal yang menjadikan live streaming begitu populer saat ini. Lantas, bagaimana dengan masa depan aplikasi live streaming itu sendiri?

Salah satu yang patut diingat adalah konsumsi video generasi muda akan terus meningkat. Oleh sebab itu, konten yang berbasis video selalu berhasil menarik perhatian, tak terkecuali layanan live streaming.

Jadi, saat ini banyak generasi muda menginginkan layanan yang mampu menampilkan sesuatu secara alami dan apa adanya. Hal itu juga berlaku ketertarikan anak muda pada sebuah merek, misalnya mengenai transparansi sebuah produk tanpa embel-embel. Hal itu akan memberikan pengalaman yang menarik dan menyenangkan untuk generasi muda saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya