Ilustrasi anak bermain gawai (mirror)

Solopos.com, SOLO-Pemakai gawai bukan hanya orang tua, melainkan juga anak-anak. Sayangnya tak sedikit anak-anak kecanduan gawai. Nah, tugas orang tua adalah mengontrol pemakaian gawai anak-anak agar tidak merugikan anak.

Ada sejumlah aplikasi yang bisa digunakan orang tua untuk memantau dan mengontrol aktivitas anak saat menggunakan gawai. Nah, apa saja sih aplikasinya? Dikutip dari laman liputan6.com, belum lama ini, berikut aplikasi yang mampu membantu orang tua dalam mengawasi si kecil saat bermain ponsel pintar.

Kids Places

Dikembangkan oleh kiddoware, aplikasi ini menawarkan fitur lengkap yang memberikan para orangtua untuk mengendalikan isi konten dan waktu penggunaan smartphone anak lebih ketat.

Di sini, orang tua dapat memilah aplikasi-aplikasi apa saja yang bisa diakses oleh anak, memblokir aplikasi yang tidak diinginkan hingga mengatur lama waktu penggunaan smartphone.

Kakatu Parental Control

Ini adalah salah satu aplikasi parental control terbaik buatan Tanah Air yang berdiri sejak 2014. Dengan aplikasi ini, orang tua dapat memonitor dan mengontrol perilaku anaknya saat menggunakan ponsel pintar di manapun dan kapanpun.

Selain itu, Kakatu Parental Control juga memiliki panduan respons orangtua untuk berkomunikasi dengan anak.

Screen Time Parental Control

Yang menarik dari aplikasi ini adalah adanya fitur pause atau menghentikan sementara perangkat yang digunakan anak. Seperti dua aplikasi di atas, aplikasi ini juga memiliki pengaturan waktu penggunaan perangkat.

Menariknya, tak hanya untuk penggunaan ponsel pintar yang bersangkutan secara umum, fitur itu tapi juga mengatur batas waktu penggunaan aplikasi-aplikasi tertentu dan gim.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten