SOLOPOS.COM - Tampilan baru Google Play Store. (Istimewa/Google)

Aplikasi Android di Indonesia akan diturunkan harganya.

Solopos.com, SOLO — OS buatan Google, Android, merupakan salah satu sistem operasi terpopuler di dunia. Hal itu membuat Google terus menghadirkan pembaruan termutakhir untuk penggunanya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dilansir Liputan6.com, Kamis (19/11/2015), salah satu pembaruan yang baru-baru ini dilakukan Google adalah memangkas harga minimum aplikasi Android Google Play Store di 17 negara, termasuk Indonesia.

Lewat pembaruan kebijakan ini, para pengembang aplikasi Android dimungkinkan untuk menurunkan harga aplikasi berbayarnya. Kebijakan itu juga disebut menjadi salah satu cara Google untuk meraih pemasukan lebih besar dari pasar-pasar negara berkembang.

Lebih lanjut juga disebutkan, kebijakan Google tersebut sekaligus sebagai langkah mengurangi penggunaan aplikasi Android bajakan.

Mengutip informasi dari laman Ubergizmo, Kamis, sebelum diberlakukan di 17 negara, Google melakukan uji coba terlebih dahulu di India awal tahun ini.

Google juga menambahkan bahwa potongan harga aplikasi Android yang diberikan di masing-masing negara berbeda, tergantung pada kebiasaan masing-masing pasar.

Untuk Indonesia, setelah kebijakan ini diberlakukan, harga minimum aplikasi Android di Google Play Store menjadi Rp3.000 dari sebelumnya Rp12.000.

Seperti dikutip dari blog resmi Android Developers, Kamis, Google memberikan opsi kepada developer untuk menyesuaikan skema harga aplikasi Androdi yang baru tersebut.

Apabila tertarik mereka dapat melakukan penyesuaian di bagian “Pricing & Distribution or “In-app Products pada Google Play Developer Console.

Selain Indonesia, negara lain yang mendapat penurunan harga adalah Brasil, Chile, Kolombia, Hungaria, Malaysia, Meksiko, Peru, Filipina, Polandia, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Thailand, Turki, Ukraina, dan Vietnam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya