SOLOPOS.COM - Logo Catfiz (Dok/Solopos)

Logo Catfiz (Dok/Solopos)

Logo Catfiz (Dok/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Catfiz, aplikasi messenger Android buatan dalam negeri namun sudah mendunia menjadi daya tarik peserta seminar dan workshop Android, Bedah Androidmu, Temukan Rahasianya, di STMIK Sinar Nusantara, Solo, Sabtu (19/10/2013).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Founder sekaligus Direktur Utama Catfiz, Moh Arfan menjelaskan, aplikasi messenger untuk Android tersebut dirancang dan dibuat sejak 2010-2011. Kemudian baru dilaunching di Play Store bulan November 2012 lalu.

“Sampai saat ini sejak diluncurkan di Play Store, sudah ada sekitar 2,2 juta pengguna yang tersebar di 50 negara dan 10.000 pengguna baru setiap harinya,” papar Arfan.

Penggunaan Catfiz pada dasarnya tidak berbeda seperti aplikasi messenger lainnya, seperti Line, Kakao Talk, dan We Chat. Pengguna juga bisa komentar di status pengguna Catfiz lain, bisa share foto, suara dan video untuk seluruh anggota grup chat dengan nama Pool.

Sementara Sofan, karyawan Catfiz menjelaskan, kantor aplikasi messenger dan servernya berada di Surabaya. Aplikasi ini interaksinya lebih cepat, proses share juga cepat dengan preview yang tidak terlalu besar ukurannya.

Pembicara lainnya, Irfan Al Azhari dari Yogyakarta Android Community menjelaskan tentang apa itu Android. Menurutnya, Android itu sistem operasi berbasis Linux untuk telepon pintar dan komputer tablet.

“Android jadi booming karena menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya