Apkomindo kembali gulirkan pameran komputer
(Solopos.com)

Solo (Solopos.com) - Pameran National IT Expo (NIX) 2011 bakal kembali digelar, Rabu-Minggu (1-5/6), di Diamond Solo Convention Center (DSCC). Kali ini, Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Solo optimistis hasil pameran akan lebih baik dari Solo Computer Bazaar (SCB) Maret lalu, mengingat penyelenggaraannya hampir bertepatan dengan pergantian tahun ajaran baru.

PAMERAN KOMPUTER -- Kondisi pasar komputer Solo diyakini akan lebih baik menjelang tahun ajaran baru sehingga menjanjikan keberhasilan gelaran NIX 2011 yang lebih baik dibandingkan pameran komputer seperti yang sebelumnya rutin digelar oleh Apkomindo Solo. (Solopos.com)
Menurut Ketua Apkomindo Solo, Andoko, pameran yang digagas Apkomindo pusat ini akan menghadirkan 24 brand. “Selain itu, ada 81 stan yang akan meramaikan pameran,” tutur Andoko, Rabu (18/5). Ia mengatakan, pameran ini akan fokus pada produk-produk baru. “Tidak seperti bazaar di mana stan lebih banyak menjual produk-produk lama atau hampir seperti cuci gudang.”

Ditambahkan panitia NIX 2011, Antok, dengan mengacu pameran-pameran komputer sebelumnya, NIX 2011 menargetkan transaksi pada kisaran angka Rp 10 miliar, dan kunjungan di atas 50.000 pengunjung. “Kami harapannya bisa lebih baik dari SCB. Di mana saat itu ada penurunan baik kunjungan maupun penjualan.”

Disampaikannya, SCB hanya mencatat angka kunjungan 53.000 pengunjung. “Dan Maret lalu, di mana nilai rupiah menguat terhadap dolar AS, ada penurunan penjualan. Tren ini tidak hanya terjadi di Solo, tetapi secara nasional transaksi penjualan unit informasi teknologi (IT) menurun,” imbuh anggota Apkomindo lainnya, Roediwan Prihartanto.

Andoko menyatakan pula, NIX 2011 ini akan digelar bersamaan dengan kegiatan Apkomindo untuk Pendidikan (AuP). Di mana, pada kesempatan tersebut Apkomindo bekerja sama dengan Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) Kemendiknas akan memberikan pelatihan kepada guru, bagaimana menerapkan IT sebagai media mengajar. Pelatihan tersebut, lanjut Andoko, akan digelar di Balaikota Solo, Senin-Selasa (30-31/5), dan dilanjutkan dengan kompetisi edubuilt yang akan diikuti 100 guru SD, 100 guru SMP dan 100 guru SMA, Rabu-Kamis (1-2/6).

haw



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom