SOLOPOS.COM - Pengunjung berfoto dengan model yang mengenakan kostum Solo Batik Carnival saat pameran komputer Solo Computer Carnival di Diamond Convention Center, Solo, Rabu (5/9/2012). Pameran yang menghadirkan sejumlah vendor komputer itu digelar hingga Minggu (9/9/2012). (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Pengunjung berfoto dengan model yang mengenakan kostum Solo Batik Carnival saat pameran komputer Solo Computer Carnival di Diamond Convention Center, Solo, Rabu (5/9/2012). Pameran yang menghadirkan sejumlah vendor komputer itu digelar hingga Minggu (9/9/2012). (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

SOLO—Perhelatan Apkomindo Computer Expo (ACE) X di Diamond Solo Convention Center (DSCC), Rabu-Minggu (5-9/9/2012), dibanjiri produk baru khususnya untuk jenis tablet dan notebook.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Ketua Panitia ACE X, Eko Lestiawan, untuk jenis tablet kini menjamur tablet dengan harga di bawah Rp1 juta per unit. Sementara di kelas notebook, pada pameran kali ini sejumlah merek mulai menampilkan produk slim book dengan harga yang juga makin terjangkau.

Kian maraknya produk baru di kelas notebook dan tablet ini dipengaruhi tren dan gaya hidup masyarakat. “Slim book dengan harga di kisaran Rp3 juta hingga Rp5 juta kini semakin mudah ditemui khususnya di pameran Apkomindo. Pada pameran Apkomindo sebelumnya, rata-rata harga slim book masih di atas Rp5 juta per unit,” kata Eko, kepada wartawan seusai pembukaan pameran ACE X, Rabu.

Dia juga menyebutkan, hampir semua brand atau merek merilis slim book. Sebut saja Asus. Marketing Griya Computama, Ridho Pangarso mengatakan Asus seri X adalah seri terbaru slim book milik Asus yang ditawarkan pada harga sangat terjangkau. “Harganya hanya sekitar Rp2,8 juta per unit,” kata Ridho. Menurut dia, peminat note book dengan tampilan fisik yang tipis ini juga sangat banyak. Masing-masing kapasitas dan spesifikasi memiliki segmen pasar yang berbeda. “Kalau slim book yang spesifikasinya sudah cukup tinggi, biasanya dicari orang-orang yang menyukai desain grafis.”

Marketing Rich Computer, Rindy Fathonah menyampaikan Acer juga punya produk baru khususnya untuk notebook tipis atau slim book. “Untuk yang slim, ada yang harganya berkisar Rp3,7 juta ada pula yang Rp6,2 juta per unit,” kata Rindy.

Selain di kelas notebook, tablet pun kian semarak dengan produk-produk baru. Menurut Ketua Steerring Committe (SC) ACE X, Bintoro, perkembangan tablet diperkirakan bakal menyaingi perkembangan laptop. Bintoro juga mengatakan, hampir semua merek mengeluarkan produk tablet. Bahkan di ACE X, akhirnya diikuti 11 vendor tablet dari rencana awal hanya 10 vendor. “Pertumbuhan penjualan tablet bisa mencapai 50% dari pameran komputer sebelumnya.”

Pasar tablet ini, kata dia, sangat luas. Karena tablet tidak hanya dimanfaatkan oleh kalangan pekerja tapi juga bisa berfungsi sebagai lifestyle. Banyak pengguna tablet yang memanfaatkan sebagai media entertainment. “Dan produk tablet kini menjadi jembatan antara industri IT dengan telekomunikasi, penyedia jasa broadband dan internet.”

Apkomindo memprediksi, jika masing-masing vendor tablet menargetkan bisa menjual 250 unit hingga 300 unit tablet, maka selama pameran ACE X sekitar 3.000 unit hingga 3.500 unit tablet bisa terserap pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya