SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Semarang mengungkapkan peningkatan sumber daya manusia masih menjadi tantangan besar bagi pemerintah. Tuntutan zaman menuntut banyaknya tenaga kerja yang memiliki SDM rendah.

Ketua Apindo Kota Semarang, Dedi Mulyadi, mengatakan revolusi industri 4.0 mau tidak mau harus dihadapi dengan menyiapkan berbagai hal, terutama SDM terampil agar tetap bisa bersaing dengan perkembangan teknologi yang kian masif. “Sekarang yang dibutuhkan SDM yang punya skill, SDM terampil sehingga siap pakai di bidang masing-masing. Kerja tidak perlu ijazah, tunjukkan skill dan terbukti bisa langsung diterima,” kata Dedi, Rabu (22/5/2019).

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Disebutnya, ketika SDM tenaga kerja belum bisa meningkat, mereka akan tergilas oleh teknologi sehingga terjadi kebingungan mau diarahkan ke mana tenaga manusia yang tidak berkerja tersebut. Di sisi lain, lanjutnya, saat ini pengusaha juga bingung dengan tanggungan perusahaan yang harus membayar kewajiban atas tenaga kerja yang dimiliki mulai UMK yang tinggi, biaya BPJS Ketenagakerjaan, dana pensiun hingga ada biaya KPR.

Dia menambahkan, meski tenaga kerja sekarang makin mahal, namun daya saingnya berkurang. Tenaga kerja kini banyak yang enggan lembur lantaran ada masa lelah dalam bekerja. Hal itu, kata dia berbanding terbalik dengan mesin yang bisa bekerja hingga 24 jam. “Kalau pakai mesin lebih presisi, bisa bekerja 24 jam. Orang sekarang sudah tidak mau lembur, kerena lelah,” katanya.

Dikatakan, keberpihakan pemerintah terhadap perkembangan dunia usaha di Semarang dan Jawa Tengah harus benar-benar ada sehingga industri di wilayah ini dapat berkembang. “Perlu satu komitmen stakeholder jalan bareng-bareng, tidak bisa berjalan sendiri Industri, harus dengan pemerintah,” tuturnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya