SOLOPOS.COM - Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Tengah (Jateng) Frans Kongi (JIBI/Solopos/Antara/Aris Wasita Widiastuti)

Apindo Jateng memandang optimistis prospek perekonomian di tahun baru 2018 ini.

Semarangpos.com, SOLO — Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Tengah (Jateng) optimistis dengan kondisi perekonomian pada tahun baru 2018 ini. Pandangan penuh optimisme itu muncul seiring berbagai kebijakan proinvestasi yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saat ini perizinan sudah sangat bagus dan prosesnya juga cepat. Pemerintah komitmen memberikan kemudahan untuk pertumbuhan industri,” kata Ketua Apindo Jateng Frans Kongi di Solo, Jateng, Minggu Senin (1/1/2018).

Ia mengatakan, saat ini, beberapa daerah di Jatengmulai menghapus beberapa jenis izin yang menghambat investasi, di antaranya izin lingkungan, pajak daerah, dan izin alat berat. “Penghapusan pajak yang bersifat memberatkan ini sangat membantu pertumbuhan sektor investasi di Jawa Tengah. Jadi kami sangat mengapresiasi langkah pemerintah provinsi tersebut,” katanya.

Mengenai tahun politik di 2018, pihaknya tidak terlalu mengkhawatirkan mengingat kondisi di Jawa Tengah jauh lebih kondusif dibandingkan beberapa provinsi lain seperti DKI Jakarta. “Lebih jauh kami berharap pemerintahan terpilih, siapapun itu bisa terus mengembangkan industri di Jawa Tengah, salah satunya membuka akses pasar baru untuk produk ekspor,” katanya.

Ia menilai dengan dibukanya pasar ekspor baru maka akan memberikan dampak positif terutama untuk kenaikan volume produksi industri di Jawa Tengah. Menurut dia, pasar baru ini penting mengingat beberapa negara yang selama ini menjadi pasar tradisional produk ekspor Jateng, pada tahun 2017 lalu kondisi ekonominya tidak terlalu baik.

“Selama tahun 2017 permintaan agak lesu karena kondisi perekonomian di negara-negara tersebut juga tidak terlalu baik. Harapannya di tahun ini kondisi bisa lebih baik,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya