Apindo dan SPSI Sepakat UMK Wonogiri 2021 Tak Naik
Ilustrasi pekerja di pabrik. (Antara-Andreas Fitri Atmoko)

Solopos.com, WONOGIRI -- Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Wonogiri, Sutarto, mengatakan pengusaha dengan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) sepakat UMK Wonogiri 2021 sama dengan UMK tahun ini, yakni Rp1.795.000/bulan.

Dia mengatakan sebenarnya, pengusaha ingin UMK atau upah minimum kabupaten turun lantaran ekonomi perusahaan-perusahaan lesu. Namun setelah berkoordinasi, kata Sutarto, terjadi kesepakatan UMK sama dengan tahun ini.

“Penghitungannya tidak menggunakan perumusan seperti diatur dalam regulasi. Langsung disepakati UMK sama dengan tahun ini,” kata Sutarto saat dihubungi, Senin (26/10/2020).

Tok! Petinggi Sunda Empire Divonis Hukuman 2 Tahun Penjara

Lebih lanjut, dia menjelaskan kesepakatan itu diambil karena dalam masa pandemi Covid-19 ini pengusaha tidak memungkinkan menaikkan UMK. Sebab, usaha yang dijalankan perusahaan-perusahaan semakin berat.

Pada sisi lain, jika UMK Wonogiri diturunkan, ekonomi para pekerja juga bisa ikut turun. Sementara, para pekerja memerlukan pendapatan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup selama menghadapi pandemi Covid-19 ini.

“Kesepakatan ini tinggal diresmikan saja oleh Disnaker [Dinas Tenaga Kerja]. Setelah itu Bupati mengusulkannya kepada Gubernur. Lalu Gubernur menetapkan,” imbuh Sutarto.

Kesepakatan Paling Realistis

Terpisah, Ketua SPSI Wonogiri, Seswanto, menyampaikan hal senada. Menurut dia pekerja dan pengusaha sudah sepakat UMK Wonogiri tahun depan tak naik, tetapi juga tak turun.

Masih Dibangun, Ini Aneka Fasilitas Baru di Terminal Tirtonadi Solo

Menurut dia kesepakatan itu paling realistis. Di masa sulit ini pekerja ingin UMK tak turun agar tetap bisa memperoleh pemasukan yang cukup.

Sedangkan, pengusaha pun tak ingin UMK naik. Seswanto menyebut pekerja memahami kondisi ekonomi pengusaha di masa pandemi Covid-19 ini.

Eko Pembunuh Yulia Jalani Tes Kejiwaan di RSUD Sukoharjo



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom