Ilustrasi pemadaman api yang membakar dapur. (Istimewa-Polsek Plupuh)

Semarangpos.com, SEMARANG — Kebakaran melanda Hotel Pandanaran di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (13/9/2019) pagi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Meski demikian, api yang menghanguskan dapur Hotel Pandanaran itu sempat membuat pengunjung panik karena asapnya menjalar hingga lantai kelima.

Kepala Bidang Operasional dan Penyelamatan Pemadam Kebakaran Kota Semarang, Trijoto Poejo Sakti, mengatakan pihaknya mendapat laporan sekitar pukul 05.30 WIB. Ia pun langsung memerintahkan personel untuk segera mendatangi lokasi untuk melakukan pemadaman. "Pagi itu kan biasa ada aktivitas memasak. Nah, proses memasak itulah yang memicu kebakaran," ujar Trijoto, Jumat.

Trijoto mengatakan api bukan berasal dari kompor, melainkan cerobong asap. Di dalam cerobong itu terdapat kerak panas yang mudah terbakar. "Cerobong itu memang perlu perhatian khusus. Terutama dalam hal kebersihan. Cerobong tidak hanya menghisap asap, tapi uap air dan minyak. Uap minyak menggumpal dalam beberapa tahun dan akan mengendap. Jika di bawah ada kompor ya memicu api," ujarnya.

Trijoto menyebutkan beruntungnya api dapat segera dipadamkan. Meski demikian, upaya pemadam kebakaran sempat mengalami kesulitan dalam mengeluarkan asap. Empat blower dari pemadam kebakaran pun dikerahkan untuk mengeluarkan asap.

Asap itu pun sempat membuat pengunjung panik. Mereka berhamburan ke luar hotel sambil menyaksikan gumpalan asap di depan hotel, tepatnya Jl. Pandanaran, Kota Semarang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten