SOLOPOS.COM - Korban penipuan uang palsu bergambar tulisan tangan. (Facebook/FKPM Pelita Samarinda)

Solopos.com, SOLO — Nasib sial menimpa penjual ponsel asal Samarinda yang ditipu pembeli saat melakukan transaksi dengan cara cash on delivey atau COD. Bukannya mendapat untung, penjual ponsel ini malah diberi uang mainan. Lebih parah lagi, uang palsu yang dia terima digambar dengan tangan.

Gagal Bobol Rumah, Pria Ini Meninggal Setelah Lehernya Terjepit Jendela

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Nasib apes ini dialami oleh Muhammad Agus Gunawan. Penipuan tersebut terjadi pada Rabu (16/12/2020) tengah malam. Bermula dari ketika dirinya COD di Jalan Baru Siradj Salman. Agus mengatakan bahwa pelaku terus-terusan berbicara.

Setelah sepakat soal harga, pelaku mengecek kondisi ponsel tanpa turun dari motor. Pelaku penipuan itu juga membayar dengan cara menggenggam uang itu di tangan. Belum sempat mengecek uangnya, pelaku langsung kabur membawa dua unit ponsel milik Agus.

Agus mengaku kaget setelah melihat uang yang dipegangnya ternyata hanyalah kertas yang digambar pakai tangan. Di kertas tersebut tertulis angka Rp100.000 dan dua gambar tokoh pahlawan.

Rayakan Ultah, Pria Ini Meninggal Setelah Dapat Prank dari Teman

Menurut kabar yang beredar Agus sempat mengejar pelaku, namun kehilangan jejak. Agus menyebutkan ciri-ciri pelaku yaitu mengendarai motor Honda Beat dan pelaku bertubuh gemuk.

Viral di Medsos

Ia membagikan kronologi penipuan ini dalam grup Facebook BUSAM Bubuhan Samarinda. Kasus ini langsung mencuat di berbagai media sosial. Sehari kemudian, korban telah melaporkan kejadian yang dialaminya ke Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) Pelita Samarinda, pada Kamis (17/12/2020).

Dalam unggahan laman grup Facebook Fkpm Pelita Samarinda, terlihat barang bukti berupa uang palsu yang sangat nyeleneh. Modus ini menjadi perbincangan publik. Banyak netizen yang tidak habis pikir dengan cara kreatif penipu tersebut untuk mengelabuhi korbannya.

Tak Terima Bunganya Dirusak, Emak-Emak Pukul Bocah Balita

Selain itu banyak netizen yang juga merasa iba dengan Agus. Meski tidak sedikit pula yang mengaku terhibur dengan uang palsu ciptaan pelaku.

Penipu yg kreatif bisa gambar duit... moga cepat ketangkap si pelaku,” ujar akun Facebook M Heri Bakri.

Jadikan pembelajaran, lain kali kalau mau cod budayakan di rumah sendiri, jangan di jalanan atau tempat2 yg di tentukan calon pembeli,” balas akun Facebook Elys Octavia Julian.

Sadis, Pria Ini Perkosa dan Mutilasi Orang yang Pengin Bunuh Diri

Penipunya tuh terlalu berimajinasi yak sempat2nya kepikiran bikin uang palsu manual, saking capeknya gmbar cuma 3lembar yg digambar trus tuh lambang garudanya disudut atas diganti gambar love,” kata akun Facebook Sari Risna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya