SOLOPOS.COM - Pemeriksaan apel berbakteri di Jogja, Kamis (29/1/2015). (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Pemeriksaan apel berbakteri di Jogja, Kamis (29/1/2015). (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Pemeriksaan apel berbakteri di Jogja, Kamis (29/1/2015). (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Apel mengandung bakteri diwaspadai Pemkot Magelang. Menindaklanjuti rekomendasi Pemerintah Pusat, Disperindagkop Kota Magelang merazia apel asal Amerika Serikat dan Prancis

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

 

Kanalsemarang.com, MAGELANG – Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan dan UMKM (Diskoperindag) Kota Magelang, Jawa Tengah, melakukan razia buah apel Granny Smith dari Amerika Serikat dan Royal Gala asal Prancis di sejumlah kios buah dan toko swalayan.

“Kami bakal memperketat pengawasan terhadap buah apel Granny Smith dari Amerika Serikat dan Royal Gala asal Prancis. Hal ini menyusul pelarangan peredaran apel tersebut, karena diduga terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes,” kata Kepala Diskoperindag Kota Magelang Isa Ashari seperti diktuip Antara, Kamis (29/1/2015).

Pada razia di sejumlah kios buah Jalan Ikhlas, pihaknya tidak menemukan apel yang dimaksud. Namun, di Superindo, pengelola sempat mengaku ada apel yang dimaksud, tetapi sudah ditarik.

Ia mengatakan adanya larangan peredaran buah apel, khususnya Granny Smith asal Amerika dan Royal Gala asal Prancis itu cukup meresahkan masyarakat.

“Kami merasa perlu melakukan cek langsung di lapangan, apakah memang buah itu ada atau tidak. Ternyata para penjual mengaku tidak menjual buah tersebut,” katanya.

Kasi Ekspor dan Impor Diskoperindag Kota Magelang Ismail mengatakan meskipun tidak ditemukan buah itu pihaknya tetap akan memperketat pengawasan. Hal ini dilakukan agar masyarakat tidak kecolongan dengan adanya peredaran buah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya