SOLOPOS.COM - Ilustrasi apel (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

Ilustrasi apel (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

JAKARTA--Hidung tersumbat dan bersin secara terus menerus bisa jadi gejala alergi. Pada orang yang mempunyai alergi, sistem imun menimbulkan reaksi berlebihan pada beberapa faktor pemicu alergi. Untuk meredakan gejala alergi konsumsilah apel dan teh hijau.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Konsumsi buah dan sayuran kaya vitamin C bisa meringankan gejala sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh. Dilansir dalam Huffington Post, Kamis  (11/04/2013) berikut ini beberapa makanan yang baik untuk meredam alergi.

1. Apel

Walaupun tidak dapat menyembuhkan alergi secara keseluruhan. Kandungan vitamin C di dalam apel bisa membantu meredakan alergi. Selain itu, kandungan antioxidant quercetin yang ada pada kulit apel berhubungan dengan fungsi paru-paru lebih baik.

2. Anggur Merah

Kandungan antioksidan resveratrol di kulit anggur merah terkenal dengan manfaatnya menurunkan kolesterol jahat dan menjaga kesehatan jantung. Menurut Time (11/04/2013) manfaat anti peradangan dalam antioksidan ini ternyata juga bisa mengurangi gejala alergi

3. Paprika

Menurut WebMD (11/04/2013) memenuhi asupan vitamin C per hari bisa membantu melawan alergi dan asma. Sumber vitamin C seperti paprika dapat menyediakan dosis harian vitamin C dua kali lipat.

4. Ikan

Dalam beberapa studi, asam lemak omega 3 telah menunjukkan penurunan risiko terbentuknya alergi dan mengurangi gejala alergi karena kandungan anti perdangannya. Konsumsilah ikan salmon dan kacang-kacangan yang kaya akan lemak omega tiga.

5. Minuman Hangat

Jika gejala alergi menunjukkan penyumbatan hidung, segera buat minuman hangat seperti teh ataupun hidangan seperti sup ayam. Cairan hangat bisa membantu mengeluarkan lendir untuk meredakan penyumbatan sekaligus membantu tubuh tetap terhidrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya