SOLOPOS.COM - Ilustrasi (www.eatnbfit.com )

Ilustrasi (www.eatnbfit.com )

JAKARTA–Untuk melengkapi menu sarapan, buah segar merupakan pilihan tepat. Buah yang kaya akan serat, vitamin dan mineral akan melengkapi asupan protein dan karbohidrat dan menu sarapan lain. Lebih efektif jika dimakan segar.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Menurut Mayo Clinic, sarapan yang sehat harus mengandung buah atau sayur, protein rendah lemak, susu dan biji-bijian. Buah merupakan salah satu komponen dari sarapan sehat karena mengandung vitamin, mineral, air dan serat.

Ekspedisi Mudik 2024

Serat membantu memperlambat proses pencernaan, sehingga Anda kenyang lebih lama. Vitamin dan mineral berperan dalam metabolisme energi Anda sehari-hari.

Bila Anda mencari buah yang praktis sekaligus mengenyangkan untuk sarapan, pisang adalah buah yang tepat. Pisang mengandung gula alami, yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa. Bersama serat dan ketiga gula alami ini, pisang dapat meningkatkan energi dengan cepat.

Penelitian membuktikan, dengan melahap dua pisang, Anda mendapat cukup energi untuk olahraga selama 90 menit. Pisang juga kaya akan kandungan potasium. Melahap pisang ukuran sedang dapat memenuhi 10% kebutuhan kalium harian.

Selain itu, kandungan vitamin B6 dalam pisang berperan penting untuk menjaga fungsi sistem saraf. Serat pada pisang juga dapat memperlancar saluran pencernaan, mencegah diabetes, hingga mengatasi masalah kardiovaskular.

Selain pisang, Anda juga bisa melahap apel untuk sarapan, karena ternyata apel memiliki nutrisi yang belum tentu dimiliki oleh buah lain. Oregon State University melaporkan bahwa dengan mengonsumsi apel ternyata berkorelasi dengan penurunan risiko penyakit jantung, dan kejadian stroke.

Apel juga mengandung flavanoid yang bisa berperan sebagai anti oksidan. Selain itu, apel juga memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga bagus untuk menjaga kadar gula darah Anda.

Bagi Anda penderita diabetes, tak perlu takut untuk melahap apel saat sarapan. Penelitian American Journal of Clinical Nutrition tahun 2012 menemukan fakta bahwa apel terbukti dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 karena mengandung jenis anti oksidan berupa anthocyanin.

Walaupun buah bagus untuk sarapan, tetapi hanya memakan buah saja saat sarapan tidak membuat rasa kenyang bertahan lama. Untuk mendapatkan energi yang tahan lama, Anda membutuhkan protein dan lemak dari makanan selain buah. Perlu diperhatikan, mengonsumsi buah saja dapat menyebabkan kehilangan energi dan membuat gula darah Anda naik drastis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya