SOLOPOS.COM - Menkeu Sri Mulyani berjabat tangan dengan pimpinan rapat paripurna Taufik Kurniawan (kiri) disaksikan Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, Rabu (25/10). (JIBI/Antara/Wahyu Putro A)

Angka Rp601 miliar untuk perencanaan itu sudah melalui kajian yang dilakukan Kementerian PUPR

Solopos.com, JAKARTA – Pembangunan gedung baru DPR akhirnya dapat diwujudkan. Anggaran pembangunan gedung baru DPR masuk APBN 2018, yang baru disahkan dalam sidang paripurna siang tadi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengatakan bahwa anggaran untuk proses perencanaan pembangunan Gedung DPR mencapai Rp601 miliar sebagaimana disahkan dalam APBN 2018. Menurutnya, setelah perencanaan, proyek tersebut akan dimulai dari pembangunan gedung baru DPR hingga alun-alun demokrasi.

“Angka Rp601 miliar untuk perencanaan itu sudah melalui kajian yang dilakukan Kementerian PUPR,” ujarnya di Gedung DPR, Kamis (26/10).

Menurut Agus, pelaksanaan pembangunan memang seluruhnya diserahkan kepada pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dia menegaskan bahwa anggaran itu sudah pernah dibicarakan sebelumnya.

Dulu anggaran itu tidak mendapat persetujuan, baru kemarin itu kembali diajukan oleh kementerian keuangan dan itu sudah tertera di APBN 2018,” ujarnya.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat itu mengungkapkan, setelah konsultan perencanaan bekerja, barulah bisa diketahui nominal atau besaran biaya proyek penataan kawasan Parlemen berikut fasilitas yang ada di dalamnya akan dikeluarkan.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal DPR, Damayanti menegaskan alokasi anggaran Rp 601 miliar itu masih berupa pagu tertinggi yang tidak harus dihabiskan dalam penggunaannya.

“Jadi tidak serta merta ya, tapi memang Rp601 miliar pagu nya, tertinggi. Jadi bisa berkurang, kalau lebih tidak mungkin, pasti berkurang dari itu pakainya berapa,” ujarnya.

Sebagai catatan, biaya pembangunan gedung baru dialokasikan sebesar Rp320,44 miliar dan Alun-alun Demokrasi Rp280 miliar.

“Total alokasi anggaran sebesar Rp601 miliar itu masuk ke dalam pagu anggaran DPR yang disahkan dalam UU APBN 2018 sebesar Rp5,7 triliun,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya