APBN 2018: Sah! Anggaran Pembangunan Gedung Baru DPR Rp601 Miliar

APBN 2018: Sah! Anggaran Pembangunan Gedung Baru DPR Rp601 Miliar

SOLOPOS.COM - Menkeu Sri Mulyani berjabat tangan dengan pimpinan rapat paripurna Taufik Kurniawan (kiri) disaksikan Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, Rabu (25/10). (JIBI/Antara/Wahyu Putro A)

Angka Rp601 miliar untuk perencanaan itu sudah melalui kajian yang dilakukan Kementerian PUPR

Solopos.com, JAKARTA – Pembangunan gedung baru DPR akhirnya dapat diwujudkan. Anggaran pembangunan gedung baru DPR masuk APBN 2018, yang baru disahkan dalam sidang paripurna siang tadi.

Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengatakan bahwa anggaran untuk proses perencanaan pembangunan Gedung DPR mencapai Rp601 miliar sebagaimana disahkan dalam APBN 2018. Menurutnya, setelah perencanaan, proyek tersebut akan dimulai dari pembangunan gedung baru DPR hingga alun-alun demokrasi.

“Angka Rp601 miliar untuk perencanaan itu sudah melalui kajian yang dilakukan Kementerian PUPR,” ujarnya di Gedung DPR, Kamis (26/10).

Menurut Agus, pelaksanaan pembangunan memang seluruhnya diserahkan kepada pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dia menegaskan bahwa anggaran itu sudah pernah dibicarakan sebelumnya.

Dulu anggaran itu tidak mendapat persetujuan, baru kemarin itu kembali diajukan oleh kementerian keuangan dan itu sudah tertera di APBN 2018,” ujarnya.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat itu mengungkapkan, setelah konsultan perencanaan bekerja, barulah bisa diketahui nominal atau besaran biaya proyek penataan kawasan Parlemen berikut fasilitas yang ada di dalamnya akan dikeluarkan.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal DPR, Damayanti menegaskan alokasi anggaran Rp 601 miliar itu masih berupa pagu tertinggi yang tidak harus dihabiskan dalam penggunaannya.

“Jadi tidak serta merta ya, tapi memang Rp601 miliar pagu nya, tertinggi. Jadi bisa berkurang, kalau lebih tidak mungkin, pasti berkurang dari itu pakainya berapa,” ujarnya.

Sebagai catatan, biaya pembangunan gedung baru dialokasikan sebesar Rp320,44 miliar dan Alun-alun Demokrasi Rp280 miliar.

“Total alokasi anggaran sebesar Rp601 miliar itu masuk ke dalam pagu anggaran DPR yang disahkan dalam UU APBN 2018 sebesar Rp5,7 triliun,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

216 Warga Positif Covid-19 Klaten Isolasi di Donohudan, 47 Orang Sembuh

Total jumlah warga Klaten positif Covid-19 yang menjalani isolasi terpusat di Arama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali, mencapai 216 orang.

Kabar Duka, Mantan Bupati Kulonprogo Toyo Santoso Dipo Tutup Usia

Mantan Bupati Kulonprogo Toyo Santoso Dipo tutup usia ada Sabtu (31/7/2021) sekitar pukul 17.51 WIB di Rumah Sakit Bethesda.

Dapat Keluhan PPKM Diperpanjang dari Pedagang, Begini Jawaban Satpol PP Wonogiri

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Wonogiri menerima beberapa keluhan dari sejumlah pedagang terkait perpanjangan PPKM.

Telan Anggaran Rp18,3 Miliar, Gedung MPP Sukoharjo Mulai Dibangun

Gedung Mal Pelayanan Publik atau MPP Sukoharjo mulai dibangun oleh pemenang lelang dengan nilai kontrak Rp18,3 miliar.

KAI Hadirkan Corak Lokomotif Khusus Meriahkan HUT ke-76 RI, Ini Tampilannya

PT KAI memeriahkan peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Indonesia dengan memasang livery khusus pada lokomotif dan kereta serta ornamen lainnya.

Innalillahi, Anggota Satpol PP Wonogiri Meninggal karena Covid-19

Kabar duka datang dari Satpol PP Wonogiri. Salah satu anggota Satpol PP Wonogiri, Jaka Prihanta, meninggal dunia karena terpapar Covid-19, Sabtu (31/7/2021).

Anthony Ginting Gagal Melaju Final

Anthony Ginting gagal melaju ke final Olimpiade Tokyo 2020

Balap Liar di Jalan Ahmad Yani Sukoharjo, 33 Pemuda Dicokok Polisi

Tim Pandawa Polres Sukoharjo membubarkan aksi balap liar di Jalan Ahmad Yani, Kartasura pada Minggu (1/8/2021) dini hari WIB.

Kasus Covid-19 di Boyolali Menurun, Sudah Sepekan di Zona Kuning

Sudah sejak sepekan terakhir, Kabupaten Boyolali berada di zona risiko rendah atau zona kuning terkait persebaran Covid-19.

Lezatos! Sambal Tumpang Sorsi Kuliner Andalan di Sragen, Cuma Rp5.000 Hlo

Saat berkunjung ke Kabupaten Sragen jangan sampai melewatkan kuliner legendaris, sambal tumpang sorsi yang murah dan lezat.

Berpotensi Untung Besar, Pemuda Wonogiri Isi Waktu Luang dengan Budidaya Porang

Para pemuda di Wonogiri mulai tertarik membudidayakan porang karena tanaman itu dinilai mempunyai keunggulan lebih dibandingkan tanaman lain.

Anthony Ginting Gagal ke Final Olimpiade 2020, Masih Berpeluang Raih Perunggu

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, gagal melaju ke babak final cabang olahraga bulu tangkis nomor tunggal putra Olimpiade Tokyo 2020.