SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi mengunjungi Riau, Jambi, dan Sumbar (Setkab.go.id)

APBN 2016 akan menempatkan Rp105,84 Triliun untuk program Nawa Cita.

Solopos.com, JAKARTA — Nawa Cita, program andalan pemerintah era Presiden Joko Widodo (Jokowi), mendapatkan pagu Rp105,84 triliun yang terbagi menjadi 17 tema dalam kas negara 2016.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan data Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan, alokasi tersebut menyebar ke berbagai sektor dan kementerian/lembaga. Deputi Pembiayaan Pembangunan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Wismana Adi Suryabrata mengatakan program-program Nawa Cita memiliki sasaran menurunkan indeks gini sehingga mencapai target APBN tahun depan sebesar 0,39%.

“Level pertumbuhan itu penting, namun pemerataan hasil-hasil pembangunan juga tidak kalah penting,” katanya melalui keterangan resmi, Minggu (22/11/2015). Indeks gini merupakan tolok ukur pemerataan kemakmuran di suatu negara.

Adapun, Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Marwanto Harjowiryono mengatakan reformasi anggaran menciptakan ruang untuk mendukung pencapaian pemerataan hasil pembangunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya