APBD SUKOHARJO : Ini 3 SKPD Belum Maksimal Serap Anggaran

 Ilustrasi (pedulisehati.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (pedulisehati.com)

APBD Sukoharjo, sejumlah SKPD belum maksimal serap anggaran daerah.

Solopos.com, SUKOHARJO–Tiga Satuan Kepala Perangkat Daerah (SKPD) di Pemkab Sukoharjo belum maksimal menyerap anggaran daerah. SKPD selalu pengguna anggaran diminta menggenjot berbagai proyek fisik hingga akhir tahun.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Pemkab Sukoharjo menggelar rapat koordinasi (rakor) Pelaksanaan Operasional Kegiatan (POK) di Kantor Setda Sukoharjo pada Kamis (28/4/2016). Rakor itu membahas evaluasi berbagai kegiatan fisik dan serapan anggaran daerah selama triwulan I. Persentase total serapan anggaran daerah dari 52 SKPD selaku pengguna anggaran sekitar 10 persen.

Kepala Bagian (Kabag) Pembangunan Setda Sukoharjo, Purwadi, mengatakan terdapat tiga SKPD di Pemkab Sukoharjo yang belum maksimal menyerap anggaran daerah. Namun, Purwadi enggan membeberkan secara jelas ketiga SKPD yang belum maksimal menyerap anggaran daerah itu. “Ada tiga SKPD yang kinerjanya belum maksimal. Saya sudah berkoordinasi dengan SKPD yang bersangkutan dan meminta segera menggenjot proyek fisik,” kata dia, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Jumat (29/4/2016).

Biasanya, SKPD selaku pengguna anggaran belum memulai mengerjakan proyek fisik selama triwulan I. Mereka baru berbelanja alat tulis kantor (ATK) dan mematangkan perencanaan pengerjaan proyek fisik.

Setiap SKPD baru memulai mengerjakan proyek fisik pada Mei atau Juni. Mereka bakal menggenjot proyek fisik mendekati akhir tahun sehingga persentase total serapan anggaran bisa diketahui pada November atau Desember mendatang. “Persentase total serapan anggaran daerah sekitar 10 persen selama triwulan I. Jumlah SKPD yang telah melaksanakan proyek fisik masih sedikit karena sebagian besar proyek masih dalam proses lelang. Kami akan mengevaluasi serapan anggaran pada rakor POK triwulan II pada Juli mendatang,” ujar dia.

Dia mencontohkan sejumlah proyek besar yang masih dalam tahap proses lelang seperti pembangunan kantor baru Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo dan pembangunan empat gedung di RSUD Sukoharjo. Pengerjaan proyek pembangunan kantor baru DKK Sukoharjo paling cepat pada pertengahan Mei sedangkan empat gedung di RSUD Sukoharjo pada Juni mendatang.

Namun tak sedikit pula proyek fisik yang mulai dikerjakan. Misalnya, proyek revitalisasi Pasar Tawangkuno di Kecamatan Weru senilai Rp 5 miliar. “Sesuai perjanjian kerja sama, proyek revitalisasi Pasar Tawangkuno rampung pada 27 Agustus. Proyek itu mulai dikerjakan pada beberapa bulan lalu,” terang dia.

Di sisi lain, Wakil Ketua DPRD Sukoharjo, Sunoto, mengatakan SKPD selaku pengguna anggaran harus merencanakan proyek fisik secara matang. Sehingga pengerjaan proyek fisik dapat rampung tepat waktu. Proses lelang juga harus dilaksanakan pada awal tahun anggaran atau pada Januari-Februari.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Gerakan Ilmu Kebal Srikaton, Konflik Pribumi dan Eropa Akhir Abad 19

+ PLUS Gerakan Ilmu Kebal Srikaton, Konflik Pribumi dan Eropa Akhir Abad 19

Pada akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20, ribuan warga kulit putih Eropa tinggal di Vorstenlanden Surakarta atau Soloraya, yang memunculkan konflik antaretnis antara penduduk Eropa dan Pribumi, salah satunya Gerakan Ilmu Kebal Srikaton.

Berita Terkini

Ketua Komnas PA Debat Sengit dengan Pengacara Motivator Julianto Eka

Pertengkaran itu dipicu kegeraman Arist Merdeka Sirait lantaran motivator Julianto Eko Putra tidak ditahan kendati sudah berstatus terdakwa.

Soal Anak Kiai Jombang, PBNU: Tak Ada yang Kebal Hukum

Gus Fahrur menandaskan, semua warga negara punya kedudukan yang sama di mata hukum.

Carlos Fortes Impresif, Ini Kata Pelatih Arema FC

Pelatih Arema FC, Eduardo Almeida, mengaku tidak gentar menghadapi striker PSIS Semarang, Carlos Fortes, saat kedua tim berlaga di semifinal leg 1 Piala Presiden 2022.

ASEAN Para Games Kian Dekat, Gibran Segera Buka Pendaftaran Volunteer

Kebutuhan volunteer untuk ASEAN Para Games 2022 di Solo lebih dari 200 orang.

Waspada! Banyak Kerupuk dan Mi di Batang Mengandung Zat Kimia Berbahaya

BBPOM Semarang menemukan masih banyak mi dan kerupuk yang beredar di Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Jateng), mengandung bahan kimia berbahaya.

BREAKING NEWS LIGA INGGRIS!!! Raheem Sterling Setuju Pindah ke Chelsea

Biaya kepindahan Raheem Sterling ke Chelsea disebut-sebut senilai 45 juta poundtserling.

Kiper Timnas Cahya Supriadi: Maaf Kami Belum Bisa Berikan Hasil Terbaik

Kiper Cahya Supriadi melakukan serangkaian penyelamatan gemilang sehingga gawang Timnas Indonesia tak kebobolan.

Lirik Lagu Sampai Hati Dinyanyikan Eltasya Natasha

Ini lirik lagu Sampai Hati dinyanyikan Eltasya Natasha telah tayang sejak 30 Juni 2022 di Youtube dan telah ditonton 240.056 kali.

Harga Tanah Di Jl Slamet Riyadi Rp65 Juta Per M2? Ini Kata Bapenda Solo

Harga tanah di kawasan Jl Slamet Riyadi Solo disebut mencapai Rp65 juta per meter persegi, apa komentar Badan Pendapatan Daerah Kota Solo?

Ketua PBNU Komentari Kasus Dugaan Cabul Anak Kiai Jombang

etua PBNU, K.H. Ahmad Fahrur Rozi (Gus Fahrur) menyarankan anak kiai Jombang yang menjadi tersangka kasus pencabulan untuk memenuhi panggilan polisi.

Shin Tae-yong Ungkap Dua Hal Pengaruhi Timnas Indonesia Hadapi Thailand

Shin Tae-yong sangat menyayangkan hasil pertandingan Timnas Indonesia melawan Thailand yang harus berakhir imbang 0-0 tersebut.

Sebulan, Atlet Jiu-Jitsu Ponorogo Raih 3 Medali Tingkat Internasional

Deva Bagus Setyo Wicaksono, atlet Jiu-Jitsu Ponorogo berhasil meraih tiga medali dalam kejuaraan internasional dalam satu bulan.

Terbaru, Daftar Pencetak Gol Terbanyak Piala AFF U-19 2022

Persaingan ketat terjadi di posisi kedua dalam daftar pencetak gol terbanyak Piala AFF U-19 2022.

Arti Mimpi Telanjang di Depan Umum, Apakah Pertanda Buruk?

Agar tidak khawatir berlebihan berikut ini arti mimpi telanjang di depan umum.

Niat Puasa Qada Ramadan, Bolehkah Digabung dengan Puasa Dzulhidjah?

Orang yang masih memiliki utang puasa Ramadan dianjurkan untuk segera membayar atau meng-qadha utang puasanya.