APBD Ponorogo Tahun 2022 Fokus Tingkatkan Kesejahteraan Warga

Raperda tentang APBD Kabupaten Ponorogo tahun 2022 telah disetujui terkait program yang benar-benar dibutuhkan masyarakat Ponorogo.

 Suasana rapat paripurna DPRD Kabupaten Ponorogo terkait pengambilan keputusan terhadap Propemperda 2022 dan pengambilan keputusan terhadap Raperda APBD 2022, Kamis (25/11/2021). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)

SOLOPOS.COM - Suasana rapat paripurna DPRD Kabupaten Ponorogo terkait pengambilan keputusan terhadap Propemperda 2022 dan pengambilan keputusan terhadap Raperda APBD 2022, Kamis (25/11/2021). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)

Solopos.com, PONOROGO — Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Ponorogo tahun anggaran 2022 telah disetujui. Kabupaten Ponorogo memprediksi pendapatan daerah pada 2022 Rp2,29 triliun sedangkan belanja daerah Rp2,5 triliun.

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, mengatakan program dan kegiatan yang disusun dalam Raperda APBD 2022 itu benar-benar dibutuhkan masyarakat Ponorogo. Program yang dimaksud pendidikan, pelayanan kesehatan, pembangunan infrastruktur jalan, irigasi, dan lainnya untuk menunjang kesejahteraan masyarakat.

Bupati menyampaikan rencana pendapatan APBD 2022 Rp2,29 triliun. Nilai itu tidak sebanding dengan belanja daerah mencapai Rp2,5 triliun. Dari rencana anggaran itu, kata Bupati, terhitung defisit anggaran sekitar Rp190 miliar.

Baca Juga : Gudang Rosok di Baki Sukoharjo Terbakar, Kerugian Capai Rp400 Juta

Namun, Bupati menuturkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo akan menutup defisit anggaran tersebut dengan pembiayaan daerah. Pemkab juga berencana melakukan pinjaman untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

Pinjaman itu akan digunakan mewujudkan pembangunan infrastruktur di Ponorogo. “PEN terus lanjut. Nanti saya ke Jakarta untuk MoU. KAK [kerangka acuan kerja] sudah ada dan tinggal dikerjakan. Karena MoU di 2021 akhir maka pengerjaan ada di 2022. PEN ini akan digunakan membangun jalan dan jembatan untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat,” jelas dia seusai mengikuti Rapat Paripurna DPRD Ponorogo dengan agenda pengesahan Raperda APBD 2022, Kamis (25/11/2021).

Ketua DPRD Ponorogo, Sunarto, menyampaikan banyak rencana kegiatan muncul saat pembahasan Raperda APBD 2022 di tingkat panitia khusus (pansus). Salah satunya, yakni laporan masyarakat dan kepolisian bahwa angka kecelakaan di kalangan pelajar meningkat drastis saat pembelajaran tatap muka (PTM) berlangsung.

Baca Juga : Peringati Hari Guru, Siswa SMAN 2 Sragen Ikuti Lomba Puisi dan Video

Usulan Masyarakat

Atas masalah itu, muncul usulan dari masyarakat agar angkutan cerdas sekolah (ACS) diberlakukan kembali. Selain usulan itu, kata Sunarto, ada 12 usulan program lain yang muncul di pembahasan pansus.

Seperti, gaji PPPK yang belum dianggarkan dari pemerintah pusat, BPJS bagi perangkat desa, dan biaya pemilihan kepada desa. Usulan lain tentang belanja jaminan kesehatan, jaminan kerja untuk seluruh anggota BPD dan ketu RT, dan operasional ketua RT.

Pansus juga mencatat usulan soal BPJS pegawai non-ASN dan membangun lima base camp untuk mahasiswa Ponorogo yang kuliah di luar kota.

Baca Juga : Kisah Haru Tahanan Ditinggal Pengantin Wanita seusai Ijab Kabul di LP

“Terjadi penambahan anggaran secara signifikan setelah ada pembahasan di tingkat pansus. Ini menjadi ekspektasi tinggi dari masyarakat. Harapannya ada perbaikan infrastruktur dan layanan sosial yang baik di APBD 2022. Kami juga mengajak seluruh elemen masyarakat bersama-sama mengawal APBD 2022,” kata dia.

Selain pengesahan Raperda APBD 2022, rapat paripurna juga mengesahkan program pembentukan peraturan daerah (Propemperda). Sesuai arahan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, ada 22 usulan raperda yang akan dibahas tahun depan dalam konsultasi Propemperda.

Sebanyak 17 raperda merupakan usulan Pemkab Ponorogo dan lima raperda inisiatif DPRD. Beberapa raperda yang akan dibahas tahun depan adalah Perubahan Kedua Atas Perda No.6/2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah.

Baca Juga : Buruh Sebut UU Ciptaker Belum Efektif Cetak Lapangan Kerja

Raperda lain soal Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Ponorogo tahun 2021-2041, Pokok-Pokok Pengelolaan Keuangan Daerah, dan Penyelenggaraan Ketentraman Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat.

Pemkab Ponorogo juga mengusulkan raperda Perubahan Atas Perda No/6/2020 tentang Perusahaan Umum Daerah Sari Gunung Kabupaten Ponorogo, dan lain-lain. (ADV)

Berita Terkait

Berita Terkini

Karyawan Bank BUMN di Madiun Terpapar Covid-19 Tambah, Jadi 16 Orang

Klaster penularan Covid-19 di lingkungan salah satu bank BUMN di Madiun semakin bertambah, total sudah ada 16 karyawan yang terpapar virus corona.

Kabar Baik! Pemkot Madiun Gratiskan Penyambungan Baru PDAM

Pemerintah Kota Madiun menggratiskan penyambungan baru layanan PDAM Tirta Taman Sari bagi masyarakat.

Waduh! 37 Siswa dan Guru MAN 2 Kota Malang Positif Covid-19

Sebanyak 37 siswa dan guru di MAN 2 Kota Malang terpapar Covid-19, setelah menjalani skrining atau pemeriksaan yang digelar di pondok sekolah tersebut.

PT Inka di Madiun Bakal Bangun Kereta Gantung Pertama di Sumsel

PT Inka (Persero) di Madiun akan mendukung proyek pembangunan kereta gantung atau cable car milik Pemerintah Kota Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Rumah Jebol Diterjang Banjir, Pembuat Tempe Madiun Tak Bisa Produksi

Rumah Rohmat Junaidi, 30, warga RT 022/RW 004 Desa Klumutan, Saradan, Kabupaten Madiun jebol diterjang banjir pada Rabu (19/1/2022) sehingga tidak bisa memproduksi tempe.

Misteri Watu Ombo, Petilasan Sabdo Palon

Petilasan Sabdo Palon dan tokoh penting Majapahit di Watu Ombo, Mojokerto, Jawa Timur, sering dikunjungi peziarah yang ingin menunaikan hajat.

Enam Jam Hujan Deras, 722 Rumah di Madiun Kebanjiran

Sebanyak 722 rumah di Kabupaten Madiun kebanjiran hingga setinggi 1 meter pada Rabu (19/1/2022) malam setelah hujan deras mengguyur selama 6 jam.

Kebutuhan Benih Porang di Indonesia Capai 100.000 Ton

Pemerintah Kabupaten Madiun mendapat tantangan dari Kementerian Pertanian untuk menyediakan benih porang hingga 100.000 ton.

Harga Umbi Porang Anjlok, Pemkab Madiun Minta Ini ke Pemerintah Pusat

Harga umbi porang produksi petani Kabupaten Madiun, Jawa Timur (Jatim), mengalami penurunan drastis belakangan ini.

Hujan 4 Jam, Banjir Genangi Jalan Menuju Kantor Pemkab Madiun

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Madiun, Jawa Timur (Jatim), membuat sejumlah ruas jalan mengalami banjir atau tergenang air.

Tega! Pria Ponorogo Aniaya Ibu Kandung Gara-Gara Uang Penjualan Kayu

Polisi menangkap seorang pria di Dukuh Pondok, Desa Sendang, Kecamatan Jambon, Ponorogo, Katimun, 55, karena tega menganiaya ibu kandungnya sendiri gara-gara uang bagi hasil penjualan kayu.

Perkuat Branding, Pemkab Madiun Resmikan Taman Wisata Edukasi Porang

Pemkab Madiun meresmikan Taman Wisata Edukasi Porang dan TIC di kawasan GOR Pangeran Timoer, Rabu (19/1/2022), untuk memperkuat branding Kabupaten Madiun sebagai daerah penghasil porang.

8 Karyawan Terpapar Covid-19, Bank BUMN di Madiun Ini Tutup 3 Hari

Sebanyak delapan karyawan salah satu bank BUMN yang berada di Madiun terkonfirmasi positif Covid-19 sehingga pelayanan tutup sementara selama tiga hari, mulai Selasa-Kamis (18-20/1/2022).

Truk Muatan Mobil Nyangkut di Rel, Kereta Api ke Kediri Tersendat

Sebuah truk Mitsubishi Fuso yang mengangkut mobil baru tersangkut di rel kereta api yang ada di Kediri, Jatim.

Lecehkan Mahasiswi saat Bimbingan Skripsi, Dosen Unesa Dinonaktifkan

Seorang dosen Universitas Negeri Surabaya (Unesa) diduga melakukan pelecehan seksual terhadap mahasiswi saat bimbingan skripsi.

Hujan Deras, 12 Desa di Pasuruan Dikepung Banjir

Sebanyak 12 desa yang berada di enam kecamatan di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur (Jatim) dilanda banjir pada Selasa (18/1/2022).