SOLOPOS.COM - Ilustrasi Rancangan APBD (JIBI/Solopos/Dok.)

APBD 2017 diharapkan Pemkot Semarang bisa segera tersusun.

Semarangpos.com, SEMARANG — DPRD bersama eksekutif Pemerintah Kota Semarang mengebut pembahasan Rancangan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017. “Kami sebenarnya sudah memberikan warning mengenai keterlambatan penyerahan dokumen KUA-PPAS dari Pemkot Semarang,” kata Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi di Semarang, Selasa (29/11/2016).

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Politikus PDI Perjuangan itu menjelaskan bahwa DPRD sebenarnya sudah menyurati pemkot untuk segera menyampaikan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS). Secara regulasi, kata dia, sudah jelas bahwa keputusan mengenai APBD tahun berikutnya harus dilakukan sebulan sebelum pelaksanaan. Namun, sistem penganggaran pemkot yang kurang tertib.

Ekspedisi Mudik 2024

“Di media pun kami juga sudah menyampaikan bahwa 30 November 2016 merupakan hari terakhir memutuskan APBD 2017. Namun, ternyata ada keteledoran dari tim anggaran pemkot,” katanya. Pemkot Semarang, kata dia, sudah meminta maaf sehingga pembahasan RAPBD 2017 bisa dilakukan meski dalam waktu yang mepet, yakni kurang lebih 3 hari pembahasan harus dikebut.

Meski demikian Supriyadi optimistis pembahasan RAPBD 2017 bisa selesai tepat waktu dengan adanya komitmen dari kalangan DPRD Kota Semarang dalam tugasnya untuk mengawal kepentingan masyarakat. “Konsekuensinya, memang harus lembur sampai malam hari. Ya, ini jadi catatan buruk kinerja TAPD [tim anggaran pemerintah daerah]. Ke depannya, jangan sampai terulang,” pungkasnya.

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengakui adanya miskomunikasi atas pemahaman dari jajarannya mengenai UU No. 32/2014 tentang Pemerintahan Daerah. “Mengenai batas akhir untuk bisa menyelesaikan APBD tahun berikutnya harus satu bulan sebelumnya. Angka 1 bulan ini masih jadi ‘debatable’ sampai 2 hari yang lalu,” katanya.

Namun, imbuh Hendi—sapaan akrab Wali Kota Semarang itu—menyatakan sudah menyampaikan permintaan maaf atas adanya miskomunikasi yang membuat pembahasan anggaran tahun depan menjadi mepet waktunya. “Meski demikian, kami berkomitmen pembahasan akan diselesaikan sampai 30 November 2016. Ya, mungkin pembahasan akan dilakukan sampai malam hari. Kemarin juga baru selesai pukul 01.00 WIB,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya