Apakah Semar dan Sabdo Palon Orang yang Sama?

Sosok Sabdo Palon sering dikaitkan dengan tokoh Semar dalam pewayangan. Apakah keduanya adalah orang yang sama?

 Ilustrasi Sabdo Palon. (Facebook/ Bali Share)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Sabdo Palon. (Facebook/ Bali Share)

Solopos.com, SEMARANG — Sosok Sabdo Palon yang disebut sebagai penguasa Tanah Jawa sering dikaitkan dengan sosok Semar. Sebagai informasi, Semar diyakini sebagai tokoh mitologi tertua yang diyakini sebagai leluhur orang Jawa. Lantas, siapakah sebenarnya sosok Sabdo Palon?

Dikutip dari Wikipedia, Rabu (19/1/2022), Sabdo Palon dianggap sebagai pandita dan penasihat Prabu Brawijaya V dari Kerajaan Majapahit. Namanya disebut dalam Serat Darmagandhul yang ditulis Ki Kalamwadi. Dalam karangan itu Sabdo Palon disebutkan tidak bisa menerima kudeta terhadap Rabu Brawijaya oleh tentara Kesultanan Demak dengan bantuan Wali Songo pada 1478.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Baca juga: Inilah Sosok Sabdo Palon, Peramal Ulung & Penguasa Tanah Jawa

Antropolog Paul Stange dalam penelitiannya pada 1988 menyebutkan Sabdo Palon adalah inkarnasi dari Semar yang dikenal sebagai leluhur orang Jawa. Dia adalah titisan dewa yang turun ke Bumi sebagai pemomong raja dan pengayom kawula.

Sosok tersebut sering disandingkan dengan Naya Genggong. Mereka berdua hadir dalam setiap pemerintahan raja-raja di Tanah Jawa selama masa kejayaan kerajaan Hindu dan Buddha.

Baca juga: Asal-Usul Semar, Nenek Moyang Orang Jawa

Sebagai informasi, kedua nama itu bukanlah nama asli, melainkan gelar yang diberikan sesuai karakter tugas yang diemban. Dalam Serat Darmagandul Sabdo Palon terdiri dari dua kaya, yaitu sabdo berarti orang yang memberikan masukan dan palon bermakna orang yang mengunci kebebaran di alam semesta.

Dia juga dikenal sebagai peramal ulung yang bisa meramalkan masa depan. Pada tahun 1978, Gunung Semeru meletus dan membuat sebagian orang percaya atas ramalan tersebut. Tokoh ini juga dihormati di kalangan umat Hindu di Jawa serta di kalangan aliran tertentu penghayat kejawen.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Mengayuh Sejarah Becak yang Lahir di Jepang sejak Restorasi Meiji

+ PLUS Mengayuh Sejarah Becak yang Lahir di Jepang sejak Restorasi Meiji

Di banyak negara berkembang di Asia dan Afrika, bahkan negara maju seperti di Jepang, becak masih menjadi sarana transportasi. Restorasi Meiji menjadi momentum sejarah lahirnya becak sebagai sarana transportasi di Jepang.

Berita Terkini

Ini 5 SMP di Semarang Paling Banyak Diminati pada PPDB 2022

Berikut daftar lima SMP negeri di Kota Semarang yang paling banyak diminat calon peserta didik dalam PPDB 2022.

Disnakkan Akan Cek Info Puluhan Sapi Mati di Geyer Diduga PMK

Disnakkan Grobogan akan mengecek kebenaran info mengenai adanya puluhan sapi mati di Desa Jambangan, Kecamatan Geyer diduga PMK.

Dianggap Liar, Tempat Karaoke di Terminal Purwodadi Bakal Digusur

Tempat karaoke di kawasan Terminal Induk Purwodadi, Grobogan, bakal digusur karena dianggap tidak mengantongi izin operasi.

37 Desa di Temanggung Gelar Pilkades Serentak, 1.601 Petugas Dikerahkan

Pilkades serentak di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Jateng), akan digelar pada 30 Juni 2022.

Kerap Dirazia Satpol PP, PSK Jalanan Semarang Pasang Tarif Segini

Praktik prostitusi di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) kerap dirazia Satpol PP Kota Semarang karena berlangsung di jalanan.

Lahan Dipatok BBWS, Petani Penggarap Datangi Kantor BPN Grobogan

Belasan petani penggarap datangi Kantor Pertanahan Grobogan untuk meminta informasi kemungkinan tanah garapan mereka dibuatkan sertifikat.

Piknik Yuk! Ini Objek Wisata di Ambarawa yang Seru

Berikut daftar tempat wisata di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng), yang layak dikunjungi untuk liburan.

Lawan Bhayangkara di Jatidiri, Panpel PSIS Belum Putuskan Lokasi Parkir

Menjelang laga perempat final Piala Presiden 2022 antara PSIS Semarang dengan Bhayangkara FC di Stadion Jatidiri, pihak panpel masih mencari lokasi lahan parkir untuk suporter.

Cek PPDB di Temanggung, Gubernur Ganjar Temukan Ini

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, meninjau pelaksanaan pendaftaran PPDB SMA dan SMK Jateng 2022 di Temanggung, Rabu (29/6/2022).

Siap-Siap! Tahun 2022, Jateng Buka Lowongan 4.000 ASN

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) akan membuka lowongan untuk aparatur sipil negara atau ASN pada tahun 2022 ini sebanyak 4.000 orang atau formasi.

Simak! Ini Syarat PPDB SMA dan SMK Jateng 2022

Berikut syarat pendaftaran bagi calon peserta didik baru yang ingin mendaftar penerimaan peserta didik baru atau PPDB Jateng 2022 untuk jenjang SMA dan SMK.

Lokasi Prostitusi Murah di Jalanan Semarang, Awas Kena Razia!

Inilah lokasi prostitusi murah di Semarang yang sering terjaring razia aparat Satpol PP.

Ini Link Pendaftaran PPDB Jateng 2022 dan Tata Cara Daftar

Berikut link dan tata cara pendaftaran PPDB Jateng 2022 untuk jenjang SMA dan SMK negeri.

15 Calon Anggota Komisi Informasi Jateng Lulus Wawancara, Ini Daftarnya

Setelah lulus tes wawancara, 15 calon anggota Komisi Informasi Jateng akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan oleh DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Ki Nartosabdo Diabadikan Jadi Nama Jalan di Semarang

Nama Ki Nartosabdo saat ini diabadikan sebagai nama sebuah jalan di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).