SOLOPOS.COM - Ilustrasi mudik. (Antara/Nyoman Hendra Wibowo)

Solopos.com, JAKARTA – Peraturan mengenai mudik Lebaran 2022 sudah mulai dibahas Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Lalu, apakah mudik Lebaran 2022 dilarang?

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, menjelaskan Kemenhub baru melakukan pembahasan ihwal mudik Lebaran 2022 secara internal, Selasa (22/3/2022). Rapat internal itu juga dihadiri Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Dari rapat itu, Budi Setiyadi mengungkapkan belum ada hasil final. “Rapat sama Pak Menteri tapi belum final, masih potensi-potensi yang akan dilakukan,” ujarnya, Selasa (22/3/2022).

Baca Juga: Mudik Lebaran Dilonggarkan, Organda: Penumpang Bisa Naik 80 Persen

Terkait mudik Lebaran 2022 bakal dilarang atau tidak, Budi Setyadi belum bisa memberikan penjelasan. Ia hanya mengungkapkan rapat internal itu akan dilanjutkan rapat dengan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PKM) Muhadjir Effendy pekan depan.

“Ini barusan rapat internal. Minggu besok rapat dengan Menko PMK,” papar Budi.

Sejak pandemi Covid-19 pada 2020 silam, mudik Lebaran memang selalu diiringi dengan peraturan super ketat. Peraturan ketat itu memang diterapkan demi mencegah persebaran virus corona penyebab Covid-19.

Baca Juga: Satgas Jogo Tonggo Solo Sudah Mulai Keliling Data Pemudik Lho Lur…

Untuk 2022 ini, sejumlah kalangan masyarakat berharap mudik Lebaran tidak dilarang. Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Organisasi Angkutan Darat (Organda), Ateng Aryono, menyatakan harapannya agar pemerintah tidak memperketat aturan perjalanan bagi masyarakat nantinya saat libur Idulfitri 1443 H.

“Kami sangat berharap posisi pergerakan tetap longgar dalam artian tidak apa-apa apabila pergerakan tinggi. Ini menjadi satu konsekuensi kebutuhan pegerakan baik melalui jalan, udara, laut atau kereta api,” terang Ateng, Senin (21/3/2022).

menurut Ateng, pemerintah yang kini sudah melonggarakan perjalanan berbagai moda transportasi saat ini sejalan dengan perkembangan kondisi pengendalian Covid-19. Maka dari itu, Ateng menilai pemerintah hanya perlu untuk tetap berpegang pada peraturan perjalanan yang saat ini berlaku.

Artikel ini telah tayang di Bisniscom dengan judul: Kemenhub Mulai Bahas Aturan Mudik Lebaran 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya