SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Musim hujan sangat berpengaruh pada kondisi anak. Anak-anak seringkali terserang penyakit, seperti batuk dan pilek karena daya tahan tubuh yang lemah saat musim hujan. Saat anak sakit, biasanya orang tua bakal panik.

Selama ini, kebanyakan orang tua memberikan ramuan berupa perasan jeruk nipis dan kecap untuk meredakan batuk. Ramuan sederhana ini dianggap sangat manjur mengobati batuk. Namun, sebenarnya apakah ramuan ini benar-benar bisa meredakan batuk?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dihimpun dari Live Strong, Jumat (11/1/2019), jeruk nipis mengandung minyak atsiri dan berbagai zat alami yang bisa melemaskan otot saluran pernapasan. Jeruk nipis berkhasiat sebagai obat penurun panas dan mengatasi suara serak akibat tenggorokan gatal.

Sebenarnya, jeruk nipis tidak bisa menghilangkan batuk. Jeruk nipis hanya sekadar meredakan serak dan menghilangkan lendir di tenggorokan. Sementara penambahan kecap dimaksudkan untuk mengurangi keasaman.

Jika tidak suka kecap, air perasan jeruk nipis bisa dicampur dengan madu. Peneliti dari Mayo Medical School mengatakan, rasa manis pada madu memicu produksi air liur untuk melembapkan tenggorokan. Namun, perlu diingat ramuan ini hanya mampu meredakan bukan menyembuhkan batuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya