Apa Sih Herd Immunity yang Diklaim Ampuh Perlambat Pandemi Corona?
Ilustrasi virus corona (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Belakangan ini Herd Immunity ramai dibahas lantaran diklaim ampuh memperlambat persebaran virus corona. Lantas, apa yang dimaksud Herd Immunity dan bagaimana cara kerjanya?

Dikutip dari Aljazeera, Senin (23/3/2020), Herd Immunity adalah situasi saat orang dalam populasi ttertentu mempunyai kekebalan terhadap penyakit. Cara ini diklaim efektif menghentikan persebaran penyakit tersebut.

Kekebalan tubuh bisa berasal dari vaksinasi atau dari orang yang terjangkit penyakit itu sebelumnya. Dalam kasus pandemi corona ini bisa digambarkan semakin banyak yang terinfeksi, maka bakal lebih banyak orang yang sembuh dan kemudian menjadi kebal.

Rumah Sakit Darurat Corona di Wisma Atlet Bisa Dipakai Sore In

Penjelasan

Martin Hibberd, profesor penyakit menular dari London School of Hygiene mengatakan, jika sekitar 70 persen dari polulasi yang terinfeksi telah pulih, maka kemungkinan wabah penyakit jauh lebih sedikit. "Sebab kebanyakan orang resisten [kebal] terhadap infeksi. Inilah yang disebut Herd Immunity," terangnya.

Lantas, apakah mampu memperlambat persebaran virus corona?

Kabar 1 Pasien Covid-19 Meninggal di RSUD Karanganyar Dipastikan Hoaks, Cek Faktanya!

Hasil penelitian terbaru menyebutkan satu orang terinfeksi virus corona bakal menularkan kepada sekitar 2-3 orang lain. Jika tidak ada tindakan yang diambbil, maka Herd Immunity bakal meningkat antara 50-70 persen. Sehingga sisa populasi menjadi kebal.

Namun, belum ada yang menempuh cara ini. Saat ini semua ilmuuwan dan tenaga medis di dunia berfokus pada menurunkan jumlah orang yang terinfeksi.

"Dari sudut pandang epidemologi, triknya adalah mengurangi jumlah orang yang kontak dengan kita. Sehingga kita dapat menurunkan jumlah orang yang terinfeksi. Jadi Herd Immunity dimulai lebih awal," terng Matthew Baylis, profesor dari  Institute of Infection, Veterinary and Ecological Sciences di Liverpool University.

Tradisi Tolak Bala Sejumlah Daerah di Tengah Pandemi Covid-19

Pentingnya #DiRumahAja

Terlepas dari skenario Herd Immunity, langkah pemerintah mengimbau warga melakukan pembatasan sosial alias social distancing agar memutus rantai persebaran virus corona. Cara ini akan memberikan waktu bagi paramedis berfokus mengobati mereka yang terjangkit dalam kondisi kronis.

Perlu dipahami, virus adalah parasit yang dalam keadaan setengah hidup dan mati. Virus butuh sel inang untuk bereplikasi.

Jika tidak menemukaan sel inang yang cocok, maka virus akan mati. Itulah sebabnya masyarakat Indonesia diimbau melakukan pembatasan sosial demi memutus rantai persebaran virus corona.

Itulah sebabnya sangat penting bagi masyarakat Indonesia tetap tinggal di rumah jika memungkinkan.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho