SOLOPOS.COM - Ilustrasi peduli kanker payudara. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Agar terhindar dari penyakit ini, ketahui faktor pemicu atau penyebab tumor payudara seperti diidap artis Marshanda. Sebagaimana diketahui pemeran Orang Ketiga itu mengumumkan dirinya mengidap penyakit tersebut dan tengah menjalani pengobatan di Singapura.

Informasi tersebut disampaikan secara langsung oleh Marshanda melalui akun Youtube resmi miliknya Marshed dan Instagram @marshanda99 pada Senin (30/5/2022). Warganet pun memberikan semangat kepada ibu satu anak supaya berjuang untuk kesembuhannya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ada pula yang menuding pemakaian bra bisa jadi penyebab tumor payudara. Namun hal itu hanya mitos.  Dikutip dari laman klikdokter.com, Selasa, penelitian terbaru menunjukkan bahwa penyakit ini tidak berhubungan dengan berbagai kebiasaan pemakaian bra.

Baik ukuran bra, penggunaan bra dengan kawat atau tidak, kapan seorang wanita mulai menggunakan bra, dan berapa hari dalam sepekan atau berapa jam dalam sehari seorang wanita menggunakan bra tidak berhubungan dengan risiko terjadinya kanker payudara.

Baca Juga: Pemakaian Bra Jadi Penyebab Tumor Payudara, Mitos atau Fakta?

Meski sampai saat ini penyebab pasti kanker payudara belum diketahui, namun ada sejumlah faktor yang bisa memicu penyakit ini antara lain:

1. Genetik

Beberapa penelitian mengatakan bahwa penyebab tumor payudara yang paling sering ditemui ialah karena faktor genetik. Penyebab yang satu ini memang tak dapat dihindari karena tentu saja sel tumor tetap bisa muncul jika salah satu dari orang tua juga mengalaminya.

2. Hormon

Beberapa orang yang mengalami peningkatan pada hormon estrogen dapat memicu tumbuhnya tumor di payudara. Selain itu, seseorang yang melakukan terapi hormon juga dapat menjadi salah satu pemicunya.

Baca Juga: Marshanda Mengidap Tumor Payudara

3. Mengonsumsi pil KB berlebihan

Pil KB memang memiliki manfaat yang sangat diperlukan untuk sebagian kaum perempuan yang ingin menunda masa kehamilan. Namun penting sekali untuk diketahui bahwa jika pil KB dikonsumsi secara berlebihan, dapat menimbulkan beberapa efek samping yang dapat merugikan para perempuan, salah satunya sebagai penyebab tumor payudara. Eits, bukan berarti kamu tak boleh mengonsumsinya, hanya saja perlu mengontrol dosisnya.

4. Terlalu sering begadang

Buat kamu yang sering begadang karena beberapa hal seperti dikejar banyak kerjaan, sulit untuk tidur, atau akibat banyak mengonsumsi minuman berkafein, maka kamu perlu berhati-hati. Karena ketika waktu tidur yang kamu miliki tidaklah cukup untuk tubuhmu, maka hal tersebut dapat menjadi penyebab tumor payudara.

Baca Juga: Miss Universe Myanmar Curhat Soal Bekas Luka Operasi Tumor Payudara

Begadang jugalah yang menyebabkan hormon menjadi tak stabil dan memicu tumbuhnya tumor di area payudara.

5. Jenis makanan yang dikonsumsi

Makan memang sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok setiap manusia, namun bukan berarti semua jenis makanan bisa dikonsumsi. Perhatikanlah juga makanan yang hendak kamu konsumsi.

Hindarilah jenis makanan yang mengandung lemak trans seperti makanan yang berlemak, makanan manis, jenis makanan bersantan, dan berminyak yang dianggap sebagai salah satu penyebab tumor payudara.

6. Kelebihan berat badan

Umumnya, perempuan yang memiliki berat badan yang berlebihan cenderung mudah terserang tumor payudara. Hal tersebut dikarenakan lemak tubuh yang berlebihan dapat membuat hormon pada tubuh menjadi kurang stabil dan memicu tumbuhnya kanker pada bagian payudara.

Baca Juga: Kenali Gejala Tumor Payudara Seperti Diidap Artis Marshanda

Untuk itu, penting sekali untuk menjaga berat badan dengan memperbanyak konsumsi makanan sehat dan rutin melakukan olahraga untuk menghindari penyebab tumor payudara yang satu ini.

7. Menopause

Penyebab tumor payudara juga bisa dipicu oleh faktor menopause lho! Banyak sekali dokter yang mengatakan bahwa seorang perempuan yang sedang menuju masa menopause, maka akan terjadi juga peningkatan tumor pada area payudaranya karena lagi-lagi hormon yang tidak stabil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya