SOLOPOS.COM - Ilustrasi strawberry moon. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Full moon atau bulan purnama yang terjadi pada 4 Juni 2023 juga disebut sebagai strawberry moon, apa itu? Dan kapan waktu terbaik untuk menyaksikan fenomena alam ini? Simak ulasannya di info teknologi kali ini.

BMKG mengatakan bahwa fenomena fase bulan purnama alias full moon terjadi di Indonesia pada Sabtu (3/6/2023). Full moon kali ini juga berdekatan dengan fenomena bulan perigee (jarak terdekat bulan ke Bumi) yang akan terjadi pada Selasa (6/6/2023).

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

BMKG meminta masyarakat di pesisir pantai untuk mewaspadai potensi banjir rob yang terjadi akibat fenomena alam ini. Masyarakan juga diimbau untuk mewaspadai pasang maksimum air laut agar tak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Lalu apa itu strawberry moon yang terjadi pada Juni 2023 ini?  Dikutip dari laman NASA, Minggu (4/6/2023), bulan purnama yang terjadi pada Sabtu (3/6/2023) malam, muncul di seberang Matahari di garis bujur Bumi tepat sebelum tengah malam pukul 23.42 EDT. Bintang terang Antares akan muncul beberapa derajat di sebelah kanan Bulan. Ini akan terjadi pada hari Minggu dari Argentina dan Zona Waktu Siang Atlantik ke arah timur melintasi seluruh Amerika Utara, Eropa, Afrika, Asia, dan Australia hingga Garis Penanggalan Internasional di Pasifik tengah.

Sebagian besar kalender komersial menggunakan Greenwich Mean atau Universal Coordinated Time (GMT atau UTC) dan akan menampilkan bulan purnama ini pada hari Minggu. Bulan akan tampak penuh selama 3 hari sekitar waktu ini, dari Jumat (2/6/2023) malam hingga Senin (5/6/2023) pagi, menjadikannya akhir pekan bulan purnama.

Selain ada strawberry moon, ada pula rose moon yaitu bulan purnama yang akan terjadi pada 3 Juli 2023. Disebut rose moon karena  akan lebih dekat dengan titik balik matahari musim panas dan hanya mencapai 22,4 derajat di atas ufuk selatan pada titik tertingginya. 2 derajat lebih rendah dari bulan purnama ini.

Dikutip dari sciencefocus.com, waktu terbaik untuk melihat strawberry moon adalah tepat setelah bulan terbit pada pukul 21.01 BST pada 3 Juni 2023 saat Bulan purnama yang praktis masih rendah di cakrawala, atau saat Bulan mencapai iluminasi puncak pada pukul 03.42 pagi, tepat sebelum fajar pada 4 Juni 2023.

Meski secara teknis tidak penuh saat bulan terbit, mata manusia kita tidak akan bisa melihat perbedaannya. Dan selain Ilusi Bulan (di mana Bulan terlihat lebih besar lebih dekat ke cakrawala), kita mungkin juga diizinkan menggunakan latar belakang warna pastel, saat Bulan yang cerah terbit bersamaan dengan matahari terbenam.

Bukan Supermoon

Apakah strawberry moon 2023 adalah fenomena alam supermoon?  Tidak, strawberry moon 2023 bukanlah supermoon.  Supermoon terjadi ketika Bulan, yang mengorbit Bumi dalam orbit elips, berada pada titik terdekatnya dengan Bumi di sepanjang orbit ini (disebut perigee). Ketika Bulan mencapai perigee pada saat yang sama dengan Bulan purnama, ia tampak lebih besar dan sedikit lebih terang daripada Bulan purnama rata-rata, sehingga terjadilah supermoon.

Supermoon adalah klasifikasi tidak resmi ketika Bulan terletak 360.000 km (atau kurang) dari Bumi di jalur orbitnya, dan kita akan sering melihat dua atau tiga supermoon penuh berturut-turut, memberi kita ‘musim supermoon’.

Kebalikannya juga benar. Ketika Bulan purnama berada pada titik terjauh dari Bumi di sepanjang orbit ini – ini disebut apogee – kita mendapatkan bulan mikro karena Bulan tampak lebih kecil.

Supermoon pertama pada 2023 akan terjadi pada 1 Agustus 2023, dengan supermoon biru yang langka pada 31 Agustus. Bulan Juli (361.934km) dan September (361.552km) datang cukup dekat, jadi meskipun akan tampak lebih besar dan lebih terang bagi kita, mereka sedikit lebih dari jarak 360.000 km. Meskipun demikian, ketika memperhitungkan apogee dan perigee sebelumnya atau berikutnya, Bulan Juli dan September memang diklasifikasikan sebagai supermoon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya