Apa Itu Perhiasan Emas Muda dan Tua, Berikut Penjelasannya

Perbedaan emas muda dan emas tua terkait kadar emas yang melekat di perhiasan.

 Ilustrasi aktivitas toko perhiasan emas (JIBI/Solopos/Reuters)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas toko perhiasan emas (JIBI/Solopos/Reuters)

Solopos.com, SOLO–Seringkali saat akan membeli perhiasan di toko emas akan diberi pertanyaan untuk memilih emas muda atau emas tua.

Konsumen akan diberi dua pilihan akan emas yang akan dibeli. Ternyata usut punya usut, perbedaan emas muda dan emas tua hanya mengenai penamaan. Dan itu pun hanya terdengar di Indonesia.

PromosiJembatan Jurug: Saksi Modernisasi Masyarakat Kuli di Kota Bandar, Solo

Dilansir Solopos.com dari Galeri24.co.id, Sabtu (14/5/2022), kadar emas tua itu merupakan istilah masyarakat untuk menyebut emas dengan kadar emas lebih dari 70%. Sementara emas muda di bawah kadar itu. Selain itu, kadar emas tua merujuk pada warna emas yang semakin kuning dan pekat.

Seperti diketahui, emas dihitung dengan satuan karat. Bila mendapati suatu emas memiliki kadar 24 karat, maka kandungan emasnya benar-benar 99,99% logam emas (Au).

Emas 18 karat, kadar yang umum pada banyak perhiasan, berarti mengandung 75% emas murni dan 25% campuran bahan lain untuk mengeraskannya—bisa jadi logam, tembaga, atau bahkan seng.

Baca Juga: Pakai Perhiasan Emas Bisa Picu Gangguan Kesehatan? Ini Penjelasannya

Dengan begitu, yang bisa disebut emas muda adalah emas dengan kadar logam emas murni (Au) di bawah 70% alias 17 karat ke bawah.

Lantas bagaimana cara mengecek perbedaan emas muda dan emas tua?

Langkah pertama mengecek bagian dalam perhiasan. Ada cetakan angka-angka tertentu seperti 700 dan 750 (yang berarti perhiasan mengandung emas 70% dan 75%), atau 550 dan 450 (alias 55% dan 45%).

Meski begitu, paling amannya bisa melihat di sertifikat yang disertakan ketika membeli perhiasan tersebut.

Di sana, akan tertera identitas, kadar, bentuk, dan informasi-informasi lain mengenai perhiasan tersebut. Sebuah keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika membeli perhiasan di tempat-tempat legal dan terpercaya.

Baca Juga: Cara Merawat Perhiasan Emas Agar Tak Cepat Kusam

Apakah Emas Tua Selalu Lebih Baik?

Semakin “tua” atau pekat kadar emas, warna kuningnya akan semakin pekat dan menyilaukan. Sayangnya, kecantikan ini tidak diimbangi dengan tingkat kepadatan.

Logam emas (Au) murni cenderung agak lunak, mudah leleh jika terkena panas berlebih dan bengkok karena tekanan. Karena itulah, para pengrajin perhiasan mencampurnya dengan logam lain seperti tembaga atau seng.

Semakin tinggi kadar emas pada suatu perhiasan, semakin cantik warnanya dan semakin mahal harganya. Ini karena emas masih menjadi salah satu ore alias bongkahan logam paling langka di dunia, di atas perak.

Kualitas perhiasan paling premium biasanya dibuat dari campuran 75% emas dan 25% perak, menghasilkan perhiasan dengan warna emas super mengilat dan sangat cantik ketika diterpa cahaya.

Baca Juga: Warga Wonogiri Buru Perhiasan Emas Jelang Lebaran, Alasannya?

Meskipun demikian, kaum milenial atau investor perhiasan yang lebih muda biasa tak berkeberatan dengan campuran-campuran yang lebih “murah”. Alasannya, yang seperti itu biasanya menghasilkan perhiasan emas dengan biasa warna tertentu.

Sebagai contoh, 75% emas, 20% tembaga, dan 5% seng akan menghasilkan warna pink gold, jenis emas yang sedikit berbias merah jambu meski tidak mengilat.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Aksi Gladiator Rampokan Macan, Satu Penyebab Punahnya Harimau Jawa

+ PLUS Aksi Gladiator Rampokan Macan, Satu Penyebab Punahnya Harimau Jawa

Aksi pertarungan antara manusia dengan hewan sebagai tontonan publik layaknya gladiator pernah berlangsung di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur pada abad ke-17 hingga awal abad ke-20, berjuluk Rampokan Macan yang diduga menjadi salah satu penyebab menyusutnya populasi hingga punahnya harimau Jawa.

Berita Terkini

Semen Gresik Laksanakan Overhaul Major, Sukses Zero Accident

PT Semen Gresik (PTSG) Pabrik Rembang melaksanakan kegiatan overhaul major (pemeriksaan total) 2022.

2021, Manulife Indonesia Cairkan Klaim Nasabah Rp8,9 Triliun

Sepanjang 2021, Manulife Indonesia meraih pendapatan bersih premi asuransi Rp12,1 triliun atau meningkat 42% dibandingkan dengan 2020.

Awas, Money Game Ilegal dan Robot Trading Masih Menjamur

Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam L. Tobing, mengatakan dengan realitas yang ditemukan oleh timnya ini, maka masyarakat diminta berhati-hati dalam memilih penawaran investasi dan menggunakan pinjaman online.

NIK Jadi NPWP, Tak Semua Harus Bayar Pajak

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan penggunaan NIK sebagai NPWP tak lantas menyebabkan orang pribadi membayar pajak.

Sukses Terapkan Transformasi, BRI Raih Predikat Best of The Best BUMN

BRI mendapatkan apresiasi dengan dinobatkan sebagai Best of The Best BUMN dalam BUMN Entrepreneurial Marketing Awads 2022 yang diadakan oleh Markplus.Inc.

APBN Pada April 2022 Surplus 0,58 Persen, Ini Penopangnya

Surplus APBN 2022 pada April 2022 ini berbanding terbalik dengan posisi APBN 2021 yang masih defisit. Selain itu, surplus April naik dari posisi bulan sebelumnya.

Sesi I, IHSG Merosot Lebih dari 1 Persen, Asing Lepas BBRI, PTBA, ADRO

IHSG melemah 1,1% atau 76,44 poin ke level 6.841,7 pada akhir sesi I pukul 11.30 WIB.

Tinggal 38 Hari, Peserta PPS 48.002 Wajib Pajak

Direktorat Jenderal (Ditjen Pajak) Kementerian Keuangan mencatat terdapat 48.002 wajib pajak yang sudah mengikuti program pengungkapan sukarela atau PPS.

Keran Ekspor CPO di Buka, Harga Minyak Goreng Masih Mahal

Harga minyak goreng curah justru masih jauh dari Harga Eceran Tertinggi atau HET Rp14.000 per liter meski ekspor CPO dan minyak goreng sudah dibuka sejak hari ini, Senin (23/5/2022).

2 Koperasi Kena Sanksi Kementerian Koperasi dan UMKM

Pemberian sanksi 2 koperasi itu berdasarkan hasil identifikasi dan klarifikasi terhadap KSP-FIM maka diputuskan pemberian sanksi “Dalam Pengawasan Khusus”.

Program Kartu Prakerja Gelombang 30 Dibuka, Begini Cara Agar Lolos

Program Kartu Prakerja gelombang 30 resmi dibuka, Sabtu (21/5/2022). Informasi tersebut dibagikan langsung melalui akun Instagram resminya@prakerja.go.id.

Sejam Dibuka, IHSG di Zona Merah, Turun ke Level 6.885,60

Baru sejam dibuka, perdagangan IHSG berada di zona merah pada Senin (23/5/2022).

Ini 10 Orang Terkaya di Indonesia 2022 Versi Forbes, Berikut Daftarnya

2 pemilik Grup Djarum masih menjadi orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2022.

2023, Pemberlakuan NIK Jadi NPWP

Perjanjian kerja sama Ditjen Pajak dan Kemendagri tentang penggabungan NIK menjadi NPWP tujuannya memperkuat integrasi antara data antara DJP dan Ditjen Dukcapil, terutama NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).

Ekspor CPO Dibuka, Kemenperin Tak Ubah Strategi Distribusi Migor

Pengawasan terhadap produksi dan distribusi masih akan dilakukan mengacu kepada Permenperin No. 12/2022 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Perindustrian No. 8/2022 tentang Penyediaan Minyak Goreng Curah untuk Kebutuhan Masyarakat, Usaha Mikro, Dan Usaha Kecil dalam Kerangka Pembiayaan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).