SOLOPOS.COM - Guru SMAN Gondangrejo melaksanakan MPLS hari pertama, Senin (13/7/2020), secara daring. (Istimewa/Dokumentasi SMAN Gondangrejo)

Solopos.com, SOLO — Apa itu MPLS? Kegiatan yang wajib diikuti siswa pada hari pertama masuk sekolah.

Sebelum membahas apa itu MPLS, mungkin Anda akan lebih akrab saat mendengar Masa Orientasi Sekolah atau MOS. Kegiatan pengenalan lingkungan sekolah dan peraturan-peraturan kepada siswa baru.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, sejak tahun ajaran 2018/2019 MOS diganti dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS.

Apa itu MPLS?

MPLS adalah kegiatan yang dilakukan pada hari pertama masuk sekolah dan wajib diikuti semua siswa baru.

Baca Juga : Terkendala Akses Internet, MPLS di Karanganyar Manfaatkan Medsos

Dilansir dari laman SMA Dwiwarna Boarding School pada smadwiwarna.sch.id, Rabu (6/7/2022), menyebutkan bahwa MPLS meliputi kegiatan pengenalan lingkungan sekolah dan program-program, metode belajar, sarana prasarana.

Selain itu MPLS juga mengenalkan konsep pengenalan diri serta pembinaan awal terhadap kultur sekolah. Pelaksanaan MPLS disesuaikan dengan Permendikbud No.18/2016.

Jadi, apa itu MPLS? Secara sederhana MPLS adalah kegiatan yang diselenggarakan sekolah dalam rangka memperkenalkan sekolah kepada siswa baru. Perkenalan tersebut bukan sebatas antarmurid baru saja atau dengan kakak kelas serta guru, tetapi juga komponen lain.

Apa yang Dikenalkan?

Perkenalan sekolah melalui MPLS meliputi pengenalan kegiatan rutin, norma, budaya, sistem dan tata tertib yang berlaku. MPLS biasanya dilaksanakan sekolah selama 3 hari. Pada masa pandemi Covid-19 ini MPLS bisa dilakukan secara online demi keamanan dan mencegah penularan Corona.

Baca Juga : Covid-19 Melonjak, MPLS SMA/SMK Karanganyar Batal Tatap Muka

“Untuk sekolah dengan sistem asrama atau boarding school, MPLS merupakan pengenalan lingkungan dan budaya sekolah dengan beberapa komponen. Siswa baru mengikuti MPLS melalui materi dan games dengan agenda pengenalan almamater,” tulisnya.

Manfaat MPLS

Mengapa MPLS wajib diikuti semua siswa baru? MPLS bermanfaat untuk membantu siswa baru mengenal semua hal yang terkait dengan sekolah termasuk nilai, sistem, budaya, tata tertib dan sebagainya.

Pada sekolah dengan sistem boarding school manfaat dari MPLS salah satunya membuat siswa mengenal bagaimana kehidupan di asrama.

Jadi, sudah jelas kan, apa itu MPLS? MPLS lazim dilaksanakan oleh satuan pendidikan tingkat SMP dan SMA. Hampir seluruh sekolah negeri dan swasta menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater kepada peserta didik baru.

Baca Juga : Digelar Tiga Hari, MPLS SMA/SMK Karanganyar Bukan Perpeloncoan

juga dilaksanakan oleh SMA swasta di Bogor sesuai dengan apa yang diatur melalui Permendikbud. Sebagai sebuah SMA unggulan di Jawa Barat, SMA Dwiwarna (Boarding School) melaksanakan MPLS kepada semua siswa baru agar mereka bisa lebih siap mengikuti semua proses pendidikan di sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya