SOLOPOS.COM - Suasana di kawasan pintu gerbang tol Salatiga, Jawa Tengah, Jumat (7/7/2023).(Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, SOLO-Belakangan ini banyak orang yang bertanya-tanya apa itu Fflo Tol. Berikut penjelasannya.

Ketika sebuah kendaraan melintas masuk jalan tol di Indonesia, pengemudi akan menghentikan kendaraan mereka di gardu tempel kartu e-tol di pintu gerbang jalan bebas hambatan tersebut.

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

Setelah kartu terverifikasi akan muncul informasi saldo awal e-tol di papan displai tak jauh dari gardu tersebut. Selanjutnya, pintu palang yang tadinya tertutup akan terbuka sebagai penanda bahwa kendaraan boleh melintas.

Sementara itu, di pintu gerbang keluar jalan tol yang dikehendaki, pengemudi akan kembali menghentikan kendaraan untuk menempel kartu e-tol mereka. Di sana akan tertera saldo akhir kartu e-tol setelah dikurangi biaya atau tarif perjalanan menggunakan jalan tol.

Saat ini pihak Jasa Marga membuat terobosan agar keluar-masuk kendaraan di jalan tol tidak melakukan proses seperti di atas. Kendaraan tidak perlu lagi berhenti di pintu gerbang tol. Dengan sebuah stiker RFID yang dipasang di bagian depan mobil, informasi tentang kendaraan beserta biaya penggunaan jalan tol akan dilakukan secara otomatis oleh sistem.

Apa Itu Flo Tol?

Flo Tol adalah istilah lain dari sebuah aplikasi Leti It Flo. Dikutip dari laman Letitflo.id, Let it Flo adalah solusi pembayaran tol berbasis server dan teknologi RFID.

Dengan aplikasi Let it Flo, pengguna jalan tol tidak perlu menghentikan kendaraannya saat ingin melakukan transaksi pembayaran jalan tol di gerbang tol. Untuk menggunakan Let it Flo, pengguna jalan tol hanya perlu mengunduh aplikasi Let it Flo dan melakukan sinkronisasi dengan stiker RFID yang ditempatkan di bagian depan kendaraannya.

Cara Registrasi Let It Flo atau Flo Tol

Untuk registrasi Let It Flo atau Flo Tol sangat mudah. Namun laman tersebut memberikan keterangan bahwa saat ini aplikasi tersebut masih dalam tahap uji coba untuk kalangan terbatas. “*Uji coba terbatas untuk kalangan terbatas. hubungi call center Let it Flo,” tulis keterangan tersebut.

 

Cara Registrasi Flo Tol

  1. Download aplikasi Let it Flo dari Playstore.
  2. Lakukan pemesanan dan pilih lokasi pengambilan stiker RFID. Setelah melakukan pemesanan RFID, tentukan lokasi dan tempat pemasangan stiker RFID.
  3. Bawa kendaraan ke lokasi pemasangan RFID. Datang ke lokasi pemasangan stiker RFID sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan.
  4. Pemasangan stiker RFID. Tim teknisi Let it Flo akan membantu proses pemasangan, pengujian dan aktivasi stiker RFID.
  5. Aplikasi  Let it Flo-mu siap digunakan. Segera isi ulang voucher agar aplikasi Let it Flo siap digunakan.

 

Langkah Langkah Pemasangan Sticker RFID Let it Flo

  1. Bersihkan bagian lampu mobil sebelah kanan dengan cairan pembersih hingga permukaan bersih dari debu/noda. ambil foto tampak depan terlihat nomor polisi kendaraan sebelum di tempel sticker. Pastikan nomor RFID terlihat jelas pada gambar hasil tangkapan kamera
  2. Buka kemasan Stiker RFID Let It Flo dan lepaskan lapisan pelindung di belakang stiker RFID. Pastikan untuk tidak menekuk/terlipat bagian stiker karena dapat merusak Stiker RFID!
  3. Posisikan dan lekatkan stiker RFID pada bagian tengah lampu mobil sebelah kanan.

Catatan Flo Tol:

Usahakan agar stiker RFID berada pada posisi yang jauh dari bahan metal/logam pada body mobil, karena dapat mengganggu performa stiker RFID

Contoh pemasangan stiker RFID untuk beberapa jenis dan merek mobil ada pada Gallery Pemasangan dibawah.

Setelah stiker RFID tertempel di mobil, langkah yang harus dilakukan

4. Dokumentasikan/foto posisi stiker yang telah tertempel beserta 16 digit nomor yang terdapat pada stiker RFID. Pastikan terlihat juga nomor polisi mobil dan stiker yang sudah tertempel.

5. Lengkapi data yang ada pada link verifikasi penempelan stiker RFID

6. Kirim pesan ke Customer Care Let it Flo melalui WhatsApp (081212340400), serta lampirkan bukti screenshoot pengisian data verifikasi dan foto posisi stiker (sebelum dan sesudah ditempel pada mobil, foto nopol kendaraan) untuk melakukan konfirmasi.

*Proses konfirmasi pemasangan stiker RFID Flo Tol hanya dapat dilakukan pada jam pelayanan Self-fitment, yaitu setiap hari kerja (Senin-Jumat) Pukul 09:00 – 16:00 WIB (kami tidak dapat melayani aktivasi Self-fitment di luar hari kerja.

Stiker RFID. Apa itu Flo Tol, begini penjelasannya
Contoh posisi pemasangan stiker RFID Flo Tol (Istimewa/Letitflo)

Selesai konfirmasi, apa yang harus dilakukan ?

  • Tim Let it Flo akan melakukan verifikasi data konfirmasi yang sudah dikirimkan oleh calon pengguna dan mengirimkan bukti konfirmasi ke email aktif calon pengguna (harap selalu melakukan pengecekan pada email)
  • Proses aktivasi akun membutuhkan waktu maksimal 1×24 jam terhitung dari pengiriman bukti konfirmasi melalui email aktif
  • Jika proses aktivasi telah berhasil, calon pengguna akan mendapatkan pemberitahuan kembali melalui email dan akun Let it Flo dapat digunakan untuk bertransaksi di Gardu Let it Flo. Harap agar pengguna selalu melakukan pengecekan ketersediaan voucher Let it Flo secara berkala.

Demikian informasi mengenai apa itu Flo Tol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya