Apa Itu Bawang Hitam Seperti Dikonsumsi Personel Dewa 19?

Ahmad Dhani membeberkan tips jaga stamina saat melakoni tur 30 kota adalah dengan makan bawang hitam, makanan apa itu?

Minggu, 3 Juli 2022 - 22:30 WIB Editor: Astrid Prihatini WD | Solopos.com

SOLOPOS.COM - Ahmad Dhani saat jumpa pers. (Tangkapan layar kanal Youtube Mediasi Channel)

Solopos.com, SOLO-Pentolan Dewa 19, Ahmad Dhani, membeberkan tips jaga stamina saat melakoni tur 30 kota adalah dengan makan bawang hitam, makanan apa itu? Simak ulasannya di info sehat kali ini.

“[Pada] 2022 masih fokus tur 30 kota,  fokus jaga kesehatan, fokus jaga stamina karena itu bentuk pertanggungjawaban kita kepada publik.
[Pokoknya] 30 Kota jangan sampai kita sakit, fokus jaga stamina, fokus makan bawang hitam,” papar Ahmad Dhani saat jumpa pers dikutip dari kanal Youtube Mediasi Channel pada Minggu (3/7/2022).

Lalu apa itu bawang hitam seperti diungkapkan Ahmad Dhani? Kebanyakan dari kita mungkin masih asing dengan herbal ini, padahal ada beragam manfaatnya yang sayang untuk dilewatkan. Selain dari warnanya yang hitam, bawang ini juga memiliki ciri khas lain, yakni teksturnya yang lembut dan kenyal, juga rasanya yang manis dan asam.

Baca Juga:  Ahmad Dhani Ungkap Keinginan Agar Dewa 19 Bisa Konser di Kebumen

Jangan salah ini bukan bumbu dapur varietas baru, melainkan hanyalah hasil dari proses fermentasi bawang putih segar yang disimpan pada suhu 60–70 derajat Celsius selama 30–40 hari. Perubahan warna, tekstur, dan rasanya didapatkan dari proses fermentasi ini.

Manfaatnya didapatkan dari berbagai senyawa bioaktif di dalamnya yang memiliki sifat antioksidan, seperti polifenol, fenol, alkaloid, flavonoid, dan s-allylcysteine (SAC).  Selain itu, juga mengandung berbagai nutrisi, seperti asam amino, karbohidrat, serat, zat besi, zinc, kalium, sulfur, magnesium, fosfor, kalsium, serta vitamin C, B1, B2, B3, dan B6.

Setelah mengetahui apa itu bawang hitam, berikutnya ketahuilah manfaatnya untuk kesehatan tubuh seperti dikutip dari alodokter.com pada Minggu (3/7/2022):

1. Menjaga kesehatan jantung

Sama dengan bawang putih, bawang hitam juga memiliki manfaat dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung dengan membantu menurunkan hipertensi. Selain itu, bawang hitam diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan lemak dalam darah, sehingga mengurangi risiko Anda menderita penyakit jantung koroner.

Baca Juga: Bakal Konser di Candi Prambanan, Dewa 19 Boyong 4 Vokalis

2. Mencegah penyakit kanker

Berkat kumpulan senyawa bioaktifnya, bawang hitam juga diduga bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Salah satu penelitian yang telah dilakukan adalah manfaat bawang hitam pada kanker kolorektal.

Aktivitas antioksidan dari senyawa bioaktif ini mampu melawan radikal bebas berlebih dalam tubuh yang berpotensi menyebabkan berkembangnya sel kanker.

3. Menjaga fungsi otak

Selain menangkal radikal bebas, antioksidan dalam bawang hitam juga dapat mengurangi peradangan dalam tubuh. Khasiat ini diduga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kognitif, yakni kemampuan Anda dalam berpikir, mengingat, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan.

Baca Juga: Dewa 19 Awali Perayaan 30 Tahun Berkarya di Surabaya

Mengonsumsi makanan kaya antioksidan juga mampu mencegah Anda mengalami berbagai penyakit akibat penurunan fungsi kognitif, seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

4. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan dalam bawang hitam dapat menjaga sel-sel imunitas Anda dari kerusakan akibat radikal bebas berlebih. Hal ini tentu akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: 30 Tahun Dewa 19 Berkarya: Nostalgia dan Rejuvenasi di Kota Asal

Dengan sistem kekebalan yang baik, tubuh Anda akan mampu melawan berbagai miikroorganisme penyebab penyakit dengan lebih efektif.

5. Menjaga kadar gula darah

Kandungan senyawa polifenol, flavonoid, dan antosianin dalam bawang hitam bermanfaat untuk menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil. Selain itu, sebuah penelitian menyebutkan bahwa sifat antioksidan dari senyawa-senyawa ini juga mampu mencegah berbagai komplikasi akibat penyakit diabetes.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif