SOLOPOS.COM - Ilustrasi maskapai penerbangan (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo berupaya menambah rute internasional.

Solopos.com, SOLO—PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo terus berupaya membuka rute internasional dari dan menuju Solo. Hal ini mengingat bandara yang terletak di Ngemplak, Boyolali ini memiliki runway terpanjang di Jateng-DIY sehingga mampu menampung pesawat wide body atau berbadan lebar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Manager Operasi dan Teknik PT AP I Bandara Adi Soemarmo, Yaka Sulistya Wijanarka, mengungkapkan terus berupaya membuka rute internasional baru kepada beberapa maskapai. Dia mengatakan waktu dekat yang akan dioperasikan adalah Kuala Lumpur oleh Lion Air untuk menggantikan rute yang sebelumnya ditinggalkan Airasia. Rute Solo-Kuala Lumpur ini direncanakan mulai beroperasi pada 1 Oktober.

Menurut dia, rute ini cukup gemuk dan bagus dengan load factor 70%. Dia mengungkapkan rute ini termasuk rute menengah dan akan menggunakan pesawat jenis Boeing 737-900 ER dengan kapasitas 180 penumpang.

“Kami terus berupaya untuk membuka rute internasional. Saat ini kami juga menawarkan pengoperasian rute Solo-Singapura kepada Batik Air atau Lion Air,” ungkap Yaka saat ditemui Solopos.com.

Rute Solo-Singapura sebelumnya juga dioperasikan oleh Airasia tapi kemudian ditutup pada 7 Otober 2015. Penutupan rute ini dikarenakan jadwal yang dinilai kurang strategis, yakni pukul 15.00 WIB. Padahal biasanya penumpang yang terbang ke Negeri Singa untuk liburan sehingga penumpang lebih memilih berangkat pagi dan terbang dari Jogja.

Dia mengungkapkan pada 1 Oktober dan 6 Oktober akan ada pesawat charter dari Tiongkok menuju ke Solo. Charter flight ini akan dioperasikan oleh Sriwijaya Air yang membawa rombongan untuk pariwisata. Dia menyampaikan selama ini pesawat charter yang mendarat di Solo cukup sering. Oleh karena itu, dia mengatakan apabila rute ini memiliki potensi bagus diharapkan akan menjadi charter reguler yang diharapkan menjadi rute reguler.

Dari kapasitas bandara, Yaka mengatakan bandara internasional ini mampu menampung pesawat maupun penumpang. Bandara berkode SOC ini memiliki panjang runway 2.600 m dan lebar 60 m. Bandara ini mampu menampung lima pesawat wide body atau 10 pesawat nero body. Tiga garbarata pun telah disiapkan untuk memberi kenyamanan kepada penumpang.

“Kami juga akan membidik rute Solo-Australia dan direct flight dari beberapa negara Asia lainnya,” kata General Manager PT AP I Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya