SOLOPOS.COM - ilustrasi

Klaten (Solopos.com)–Asosiasi Ortopedi Asean (AOA) (Persatuan ahli bedah ortopedi se Asia Tenggara-red) melakukan operasi sendi lutut dengan alat indoscopy (Arthroscopic) dan penggantian sendi lutut (Arthroplasty) di RSUP dr Soeradji Tirtonegoro, Klaten Sabtu (19/3/2011).

Ekspedisi Mudik 2024

Operasi tersebut kali pertama dilakukan di Klaten. “Ini memang program dari AOA yang melakukan kunjungan dan praktek operasi ke rumah sakit di berbagai daerah di Indonesia,” ujar dr Romaniyanto, SpOT, kepada wartawan, Sabtu.

Menurut Romaniyanto, operasi sendi lutut tidak hanya dilakukan bagi pasien yang mengalami patah tulang akibat kecelakaan tertentu. Namun, operasi bisa dilakukan kepada pasien yang mengalami pengapuran pada sendi tulang.

Sementara, Presiden AOA, dr Peter Lee, mengatakan kedatangan ke Indonesia untuk berbagi ilmu tentang operasi tulang. Di samping itu, dirinya menginginkan para dokter spesial tulang di Indonesia mampu mempraktekkan di rumah sakit yang sudah mempunyai peralatan lengkap. “Mengenai peralatan operasi tulang di Indonesia masih minim, harus ada bantuan dan dorongan dari pemerintah untuk membeli peralatan tersebut,” terangnya.

(m98)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya