SOLOPOS.COM - Petilasan Keraton Kartasura masuk nomine API 2017. (Dok/JIBI/Solopos)

Petilasan Keraton Pajang Kartasura satu-satunya wakil Jateng di API 2017

Solopos.com, SOLO–Ajang pemilihan destinasi wisata terbaik Indonesia kembali digelar Kementerian Pariwisata. Tahun ini Anugerah Pesona Indonesia (API) II 2017 menambah jumlah kategori dari 10 menjadi 15.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dari jumlah tersebut salah satu kategori yakni Situs Sejarah Terpopuler (Most Popular Historical Site) muncul nama Petilasan Keraton Pajang Kartasura. Hasil penelusuran pada laman kemenpar.go.id, Selasa (6/6/2017), Jawa Tengah hanya diwakili Petilasan Keraton Pajang Kartasura dalam ajang ini.

Keraton Kartasura adalah sebuah kerajaan di Pulau Jawa yang berdiri pada tahun 1680 dan berakhir tahun 1742, sebagai kelanjutan dari Kesultanan Mataram. Riwayat kerajaan yang usianya relatif singkat ini cenderung diwarnai oleh perang saudara memperebutkan takhta.

Lokasi pusat Kasunanan Kartasura berada di Kartasura, Sukoharjo, sebelah selatan pasar sekarang. Kompleks keraton sebagian besar telah menjadi pemukiman penduduk, namun masih tersisa tembok bata yang mengitari kompleks inti keraton.

Meski kini kondisinya cukup memprihatinkan, namun rupanya “aura” sejarah keraton Kartasura mampu masuk jadi nomine dalam API 2017. Solopos.com beberapa waktu lalu sempat melihat kondisi bangunan yang masuk benda cagar budaya (BCB) itu. Terdapat keretakan dan lubang di beberapa sudut benteng. Ini yang mungkin perlu diperhatikan Pemkab Sukoharjo maupun Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BPPP) Jawa Tengah.

Pemkab Sukoharjo pernah memberikan bantuan dana untuk merenovasi petilasan dalem di dalam area bekas Kraton Kartasura pada 2013. Petilasan dalem itu merupakan bekas ruangan para Raja Keraton Kartasura yakni Sunan Amangkurat II, III, dan IV.

Dalam kategorri Situs Sejarah Terpopuler (Most Popular Historical Site), Petilasan Keraton Kartasura bersaing dengan  sembilan  situs sejarah lainnya.

Situs itu di antaranya, Sangkulirang Rock Arts (Kutai Timur), Istana Maimun (Kota Medan), Istana Siak Sri Indrapura (Siak), Situs Muarajambi (Muaro Jambi), Museum Joang ’45 (Jakarta), Pulau SumSum (Pulau Morotai), Rumah Betang Tumbang Gagu (Kotawaringin Timur), Situs Gunung Padang (Cianjur), dan  Tapurarang (Fak Fak).

Bagi Anda yang ingin mendukung Petilasan Keraton Kartasura silakan vote melalui website www.anugerahpesonaindonesia.com atau dengan kirim SMS premium berbayar ke nomor 99386, dengan mengetik sesuai keyword nominasi pilihan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya