SOLOPOS.COM - Mugi Suryana (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Mugi Suryana (JIBI/SOLOPOS/Dok)

JAKARTA – Karya karikatur dari karikaturis harian umum SOLOPOS, Mugi Suryana, menjadi finalis dalam penilaian akhir untuk penghargaan bidang jurnalistik Anugerah Adinegoro. Karikatur tersebut, yang diberi judul Pengadilan Tipikor, menjadi satu di antara tiga karya yang masuk ke dalam penilaian akhir dewan juri yang terdiri atas karikaturis Pramono R Pramoedjo, pematung Dolorosa Sinafa dan Pemimpin Redaksi Majalah Visual Arts Yusuf Susilo Hartono.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Siaran pers dari Panitia Pusat Hari Pers Nasional 2012 yang diterima Espos, Jumat (20/1/2012), menyebutkan, dua karya yang lain adalah Asing karya Jitet Kustana dari Kompas dan The Singer President karya karikaturis The Jakarta Post, Tommy Thomdean. Akhirnya, karya Jitet-lah yang terpilih sebagai penerima Anugerah Adinegoro tahun ini.

Ekspedisi Mudik 2024

Dalam karyanya itu, Jitet menampilkan gambar ikan yang sudah serpihan-serpihan di atas piring. Gambar ini menyiratkan situasi Indonesia yang seakan-akan sudah tidak memiliki apa-apa lagi.

Ketua dewan juri, Pramono, menyatakan kualitas karya yang masuk tahun ini meningkat, meski jumlahnya lebih sedikit. Selain itu ada juga sejumlah pendatang baru. Sementara salah satu pengurus PWI, Astrid B Soerjo yang juga puteri Adinegoro menilai kali ini hampir semua karya menampilkan suasana muram dan kurang humor. “Tahun lalu meski banyak yang bertema bencana alam, namun masih bisa membuat tertawa,” ujarnya.

JIBI/SOLOPOS/R Bambang Aris S/*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya