Antrean Vaksinasi Covid-19 Pedagang Klewer Solo Membeludak, Ini Penyebabnya
Pedagang Pasar Klewer Solo antre vaksinasi Covid-19 di pelataran Pasar Klewer sisi timur, Solo, Kamis (4/3/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Antrean pedagang Pasar Klewer Solo untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 membeludak pada hari-hari terakhir jadwal. Hal itu lantaran antusiasme pedagang baru muncul pada saat-saat terakhir.

Sekitar 3.000 pedagang Pasar Klewer menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 sejak akhir pekan lalu hingga pekan ini. Sampai Rabu (3/3/2021), jumlah pedagang yang sudah divaksin mencapai 1.636 orang.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo, Heru Sunardi, kepada wartawan, Kamis (4/3/2021), menyebut pedagang baru antusias divaksin pada hari-hari terakhir jadwal. Akibatnya dalam dua hari terakhir sejak Rabu, antrean vaksinasi pedagang Pasar Klewer Solo membeludak.

Baca Juga: Miniaturnya Dibangun Di Gilingan Solo, Begini Wujud Asli Masjid Agung Sheikh Zayed Abu Dhabi

“Sejak Rabu ini lebih banyak. Kalau kemarin kami atur jadwalnya, sekarang enggak. Yang terdaftar langsung boleh antre,” terang Heru.

Heru mengungkapkan pada Jumat dan Sabtu pekan lalu sampai Selasa, antusiasme pedagang sangat kurang. Saat mau divaksin, dagangannya laris, sehingga tidak jadi vaksin.

Begitu sudah selesai melayani pembeli, naik ke lokasi vaksinasi malah membeludak. Akhirnya batal lagi divaksin. "Petugas sampai keliling meminta mereka vaksin. Ramai baru dua hari terakhir ini," imbuh Heru.

Baca Juga: Masjid Senilai Rp5,7 Triliun Dari Pangeran Arab Dibangun Mulai Sabtu Di Gilingan Solo

Skrining Awal

Ia menyebut ribuan pedagang itu tak seluruhnya merupakan pemilik kios. Ada pula karyawan maupun buruh jasa gendong. Karena itu, jumlah daftar tunggu vaksinasi pedagang Pasar Klewer Solo mencapai 1.056 orang.

Sementara itu, perkembangan berbeda ditunjukkan pasar-pasar lain di Solo, seperti Pasar Gede, Pasar Harjodaksino, dan Pasar Depok. Pedagang yang terdata di pasar-pasar itu hampir seluruhnya sudah divaksin, kecuali yang tertunda karena skrining awal.

Pasar Harjodaksino, dari 360 pedagan, 328 orang sudah divaksin. Kemudian, Pasar Gede dari target 618 pedagang, 582 orang sudah divaksin. Lalu Pasar Depok dari target 200 orang, 190 orang sudah.

Baca Juga: Rel Layang Joglo Solo Naik Dari Viaduk Gilingan, Ground Breaking Direncanakan Juli

“Pasar lain kami belum tahu. Kamis ini kan mulai menyasar Pasar Legi untuk 600-an pedagang. Pada prinsipnya semua pasar akan mendapatkan jatah. Hanya penjadwalannya tergantung Dinas Kesehatan mengingat jatah vaksin yang terbatas,” imbuh Heru.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan sampai saat ini vaksinasi pedagang pasar termasuk Klewer Solo masih terus terjadwal.

Kepatuhan Pedagang

“Intinya nanti semua pasar. Tapi tunggu jadwal, atau tunggu kekuatan vaksin. Makanya saya minta kalau sudah dijadwal benar-benar dipatuhi,” ucap Ning, sapaan akrabnya.

Baca Juga: Punya Keluhan, Kritik Tentang Solo? Langsung "Lapor Mas Wali" Kota Saja Via Nomor Whatsapp Ini

Ia mencontohkan Pasar Gede tingkat kepatuhan pedagang untuk mengikuti vaksinasi sangat tinggi. Sedangkan Pasar Klewer pada Sabtu-Minggu dan Senin sangat sedikit sekali peminatnya.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meninjau pelaksanaan vaksinasi pedagang Pasar Klewer Solo, Kamis siang. Jadwal yang diberlakukan hingga Jumat (5/3/2021), ia harapkan dimanfaatkan dengan baik oleh para pedgang.

“Saya pesan tetep protokol kesehatan dipegang sampai nanti vaksin kedua. Biasanya 14 hari setelah vaksin kedua akan terasa badannya segar. Tapi sekali lagi jangan lengah sehingga tetap pakai prokes dengan ketat,” ujarnya.



Berita Terkini Lainnya








Kolom