ANTISIPASI TEROR: Polisi Temukan Senjata Api Saat Razia di Perbatasan

 Ilustrasi razia polisi (Dok/JIBI/Solopos)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi razia polisi (Dok/JIBI/Solopos)

Ilustrasi 9JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

PACITAN – Tim gabungan dari Kepolisian Resor (Polres) Pacitan, Jawa Timur, menemukan satu pucuk senjata api laras panjang saat menggelar razia antiteror di perbatasan wilayah setempat dengan Provinsi Jawa Tengah.

“Senjata itu kami temukan di jok mobil salah satu pengguna jalan yang kami geledah, tapi surat-suratnya lengkap,” ungkap Kasat Sabhara Polres Pacitan, AKP Suyanto, Selasa (4/9/2019). Ia mengonfirmasi bahwa temuan senjata api itu tidak ditindaklanjuti karena pemiliki kendaraan yang tidak disebut identitasnya tersebut memiliki kartu keanggotaan Perbakin (persatuan penembak dan berburu Indonesia).

Saat terjaring razia yang dilakukan Senin (3/9/2012) itu, pemilik kendaraan tersebut sedang dalam perjalanan berburu binatang liar, khususnya babi hutan, di belantara Pacitan. “Izin penggunaan senjatanya lengkap, sehingga diperbolehkan melanjutkan perjalanan kembali,” katanya.

Selain senjata api, bagi warga yang diketahui membawa senjata tajam dan bahan peledak tanpa izin akan diamankan. Tak hanya di jalan-jalan umum, di seluruh akses masuk wilayah Pacitan pengamanan juga diperketat, seperti di pertigaan Bliruk, Kecamatan Punung yang merupakan gerbang masuk dari arah Yogyakarta dan Solo, Jateng.

Lokasi tersebut dianggap strategis karena menjadi perlintasan tiga provinsi, yakni Jatim, Jateng dan Yogyakarta. Kesiagaan serupa juga dilakukan di pintu masuk utara arah Kabupaten Ponorogo serta timur yang berbatasan dengan Kabupaten Trenggalek.

Tak hanya menempatkan personel di perbatasan, pengamanan juga dilaksanakan di berbagai objek vital dan strategis milik pemerintah maupun swasta, seperti bank dan proyek PLTU di Kecamatan Sudimoro. Suyanto mengatakan operasi semacam ini akan terus digelar. Sebab, selain terduga pelaku teror yang telah tewas tertembak dan tertangkap hidup-hidup, diduga masih ada pelaku lain berkeliaran.

Berita Terkait

Espos Plus

Berita Terkini

Hotel Expo 2022: Tingkatkan Okupansi dan Kenalkan Potensi Hotel di Solo

Pameran untuk meningkatkan kunjungan sekaligus memperkenalkan hotel yang ada di Solo dan sekitarnya

Hujan Deras, Puluhan Rumah di Jogobayan Setabelan Solo Kebanjiran

Puluhan rumah di Kampung Jogobayan, Setabelan, Banjarsari, Solo, kebanjiran akibat hujan deras pada Rabu (19/1/2022) siang.

Buron 3,5 Tahun, Tersangka Pembunuhan di Jepara Ditangkap

Aparat Polres Jepara menangkap seorang tersangka kasus pembunuhan bermotif perselingkuhan yang telah menjadi buron selama 3,5 tahun.

Prediksi Skor dan Line Up Leicester City vs Tottenham Hotspur

Leicester City akan menghadapi Tottenham Hotspur dalam lanjutan Liga Premier Inggris.

8 Pengungsi Rohingya Kabur dari Lokasi Penampungan

Delapan imigran Rohingya yang kabur tersebut diketahui Selasa (18/1/2022) malam sekitar pukul 19.30 WIB.

Dompet dan Tas Tangan Wanita Merek Louis Vuitton Dimusnahkan, Kenapa?

DJKI Kementerian Hukum dan HAM memusnahkan tas troli, tas tangan wanita, tas tangan makeup, dan dompet wanita bermerek Louis Vuitton karena palsu.

Harga Minyak Goreng, Ritel Modern di DIY Terapkan Rp14.000

Kebijakan satu harga minyak goreng Rp14.000 kemasan liter mulai berlaku di ritel modern di DIY.

Anggota TNI di Jakarta Terbunuh oleh Geng Pemuda

Polisi sudah menangkap tujuh dari delapan anggota kelompok pengeroyok anggota TNI, S, 23, hingga menyebabkan korban meninggal dunia.

+ PLUS Bom Tawa Pernah Meledak-Ledak di Taman Balekambang Solo

Taman Balekambang Solo memang pernah menjadi pusat kesenian dan hiburan. Grup lawak Srimulat pernah berbasis di Taman Balekambang. Pelawak Gepeng meniti karier dari Taman Balekambang Solo.

Viral Foto KTP Dijual di NFT, Ini Kata Guru Besar Tempat Ghozali Kuliah

Guru besar Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang menanggapi viralnya data pribadi atau foto KTP yang dijual sebagai NFT di situs web OpenSea.

Marak Penolakan Kenaikan Retribusi Pasar, DKUKMP Klaten Bergeming

Para pedagang protes kenaikan retribusi pasar yang mulai berlaku sejak awal 2022.

Masih Terikat Kontrak, Banyak Pemain Persis Solo Bakal Bertahan

Sejumlah pemain Persis Solo saat ini banyak menghuni klub-klub Liga 1 dengan status pinjaman.

Rumah BUMN, Wujud Dukungan Semen Gresik Untuk UMKM Jateng

Program yang telah dilakukan PT Semen Gresik, yaitu mengoptimalkan fungsi Rumah BUMN dalam mentoring dan kurasi produk UMKM.

Terkendala Ijin, Ratusan Kapal Nelayan di Tegal Tidak Melaut

Nelayan menuntut pemerintah setempat mempercepat proses perizinan melaut bagi eks nelayan kapal dengan alat tangkap cantrang

Pantau Vaksinasi Anak di Boyolali, Puan Bagikan Buku & Kaus Mbak Puan

Puan mendampingi siswa yang divaksin, serta sempat mampir ke kelas untuk berdialog dengan siswa.