SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Solopos.com)--Polisi Sektor (Polsek) Prambanan, Klaten berencana menambah personel guna mengantisipasi tingkat kemacetan dalam arus mudik dan balik pada lebaran 2011 ini.

Kapolsek Prambanan, AKP I Made Rai Ardana, mengatakan berdasarkan pengalaman tahun lalu, sejumlah titik rawan kemacetan terjadi dari depan Pabrik Susu Sari Husada hingga pintu masuk kawasan objek wisata Candi Prambanan. Oleh sebab itu, sejumlah anggota Polsek dengan menggandeng anggota polisi lalu lintas Klaten menyiapkan penjagaan di beberapa titik rawan macet.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Puncak kemacetan diperkirakan terjadi pada H-3 sampai H+3 lebaran nanti,” paparnya saat ditemui wartawan, Senin (25/7/2011).

Menurutnya, titik kemacetan biasanya terjadi pada berbatasan Klaten dengan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Oleh sebab itu, kerjasama dengan polisi DIY dalam mengatasi titik kemacetan juga akan terus dilakukan. Pasalnya, arus lalu lintas di Candi Prambanan terbilang padat. Selain itu lokasinya juga berada di dekat pintu masuk Candi Prambanan, sehingga antisipasi terhadap tindakan pencopetan juga menjadi prioritas.

“Kami memprediksi, tingkat kepadatannya juga terbilang tinggi mengingat di sekitar sini ada Candi Prambanan yang selalu ramai pengunjung di setiap lebaran,” ujarnya.

I Made mengungkapkan, guna mengurangi tingkat kemacetan pihaknya kemungkinan akan menerapkan sistem manual dalam mengatur lalu lintas. Maksud dari sistem manual ini, dimana ketika traffic light menyala merah, pengendara bisa saja terus jalan. Begitu juga ketika traffic light menyala hijau, tidak menutup kemungkinan pengendara dihimbau untuk berhenti.

(m98)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya