SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Solopos)

ilustrasi (Agoes Rudianto/JIBI/dok)

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Semarang berencana memasang kembali ATCS (area traffic control system) di tujuh titik untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“ATCS adalah suatu sistem pengendalian lalu lintas berbasis teknologi informasi, seperti pengaturan ‘traffic light’,” kata Kepala Dishubkominfo Kota Semarang Agus Harmunanto seperti dikutip Antara, Rabu (17/9/2014).

Dengan ATCS, menurut dia, traffic light sudah terkoneksi dengan perangkat yang ada di Kantor Dishubkominfo sehingga memudahkan petugas untuk melakukan pengaturan jika terjadi kemacetan.

Ia menyebutkan ada tujuh titik pemasangan ATCS, yakni persimpangan Polda Jawa Tengah, persimpangan Sampangan, RSUP dr Kariadi, Gedung Batu, Kalibanteng, Jatingaleh, dan persimpangan Jrakah Semarang.

Petugas, kata dia, tidak perlu datang ke lapangan untuk melakukan pengendalian lalu lintas, tetapi cukup dari perangkat yang ada di kantor Dishubkominfo, semisal pengaturan nyala lampur merah-hijau.

“Jadi, begitu ada ruas jalan yang padat dan berpotensi macet bisa diatur nyala lampu hijaunya lebih lama, sebaliknya dari ruas jalan lain yang relatif lengang lebih lama nyala merahnya,” katanya.

Menurut dia, pemasangan alat pengendali lalu lintas berbasis IT itu relatif efektif untuk mengurai kemacetan sebagaimana yang sudah di pasang di Jalan Pemuda dan persimpangan Tugu Muda Semarang.

“Misalnya, arus kendaraan Jalan Pemuda ternyata padat, sementara Jalan dr Sutomo lengang. Nyala lampu hijau dari Jalan Pemuda dibuat lebih lama, sementara dari Jalan dr Sutomo lama merahnya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya