SOLOPOS.COM - Ribuan pengunjung terlihat memadati kawasan Pantai Baron saat pelaksanaan tradisi padusan, Minggu (5/6/2016). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Dalam beberapa bulan terakhir cuaca di laut selatan masih dikatakan labil.

Harianjogja.com, WONOSARI-Koordinator Wilayah II SAR Pantai Baron, Marjono mengatakan saat ini masyarakat diimbau untuk selalu waspada ketika berwisata di pantai. Hal tersebut disampaikannya berdasarkan sejumlah data kejadian kecelakaan di sejulah pantai di Gunungkidul dalam beberapa bulan terakhir.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Dikatakannya, dalam beberapa bulan terakhir cuaca di laut selatan masih dikatakan labi. Kadang gelombang air laut meninggi dan dalam beberapa waktu kembali normal.Terlebih kondisi buruk ditambah dengan kecepatan angin yang cukup kencang di laut selatan. Beberapa kecelakaan yang dialami wisatawan biasanya terjadi pada saat hari libur akhir pekan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Beberapa kejadian diantaranya yakni akibat terseret ombak ataupun akibat sejumlah hewan laut yang berbahaya,” kata dia, Senin (29/8/2016).

Marjono menyebutkan, dalam dua bulan terakhir wisatawan yang terseret ombak mencapai delapan orang. Jumlah tersebut dikatakannya cukup banyak, sehingga pihaknya perlu melakukan pengawasan lebih ketat lagi terhadap wisatawan yang berkunjung ke pantai.

Selain itu, beberapa hewan laut yang cukup berbahaya pun sedikit demi sedikit muncul ke permukaan. Diantaranya ubur-ubur dan kepiting beracun, untuk ubur-ubur sejauh ini sudah sekitar lima orang yang tersengat sedangkan untuk hewann kepiting mencapai tiga korban.

Dikatakannya semua wisatawan selamat namun harus mendapat pertolongan medis lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya