SOLOPOS.COM - Petugas memadamkan api yang membakar hutan di Saradan, Kabupaten Madiun, Rabu (2/9/2014). (JIBI/Solopos/Antara/ilustrasi)

Antisipasi kebakaran dilakukan Kodim 0705/Magelang dengan menyiagakan personelnya.

Kanalsemarang.com, MAGELANG-Komando Distrik Militer 0705/Magelang hingga saat ini masih menyiagakan personelnya untuk setiap saat membantu masyarakat dan instansi terkait lainnya dalam pemadaman kebakaran hutan di kawasan gunung-gunung di daerah itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Seksi Operasional Kodim 0705/Magelang Kapten (Arm) Pitoyo di Magelang, Rabu (28/10/2015), mengatakan sekitar 550 anggota hingga saat ini masih siaga untuk membantu penanganan kemungkinan terjadi kebakaran hutan sewaktu-waktu.

“Sekitar 550 anggota masih siaga untuk antisipasi kebakaran hutan di wilayah Magelang dan sekitarnya,” katanya setelah bersama jajaran kodim setempat melakukan shalat Istisqa (shalat untuk meminta hujan).

Kebakaran areal hutan di kawasan gunung-gunung di Magelang dan sekitarnya terjadi sejak beberapa waktu terakhir, terutama selama musim kemarau, dengan dugaan antara lain karena ulah masyarakat yang kurang hati-hati dalam menyalakan api saat di kawasan tersebut.

Sejumlah kawasan hutan di daerah itu yang telah mengalami kebakaran, antara lain di Gunung Merbabu, Merapi, Menoreh, Andong, Sumbing, dan Sindoro.

“Seperti saat kebakaran hutan yang terjadi di lereng Gunung Merbabu, Merapi, Andong, dan Menoreh beberapa waktu lalu, personel Kodim 0705/Magelang diturunkan untuk ikut memadamkan kobaran api,” kata Pitoyo.

Pada kesempatan itu, ia mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran di areal hutan di gunung-gunung sekitar Magelang.

Shalat Istisqa di halaman Markas Kodim 0705/Magelang dipimpin oleh ulama setempat K.H. Muhammad Latief Ardani, setelah jajaran tersebut menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda 2015.

“Shalat Istisqa ini juga bertujuan menyadarkan setiap manusia untuk selalu instrospeksi diri,” kata Kiai Ardani dalam khotbahnya.

Shalat Istisqa juga dilaksanakan anggota TNI yang bertugas di lingkungan Akademi Militer di kawasan lembah Gunung Tidar Kota Magelang. Mereka menjalani shalat tersebut di Masjid Al-Jihad di Kompleks Akmil dengan dipimpin Kepala Bimbingan Mental Akmil Letkol Ibnu Adam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya