SOLOPOS.COM - Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Wedi, Klaten, menggelar operasi yustisi serta sosialisasi penegakan disiplin protokol kesehatan di kawasan Pasar Wedi, Jumat (4/2/2022). (Istimewa)

Solopos.com, KLATEN–Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Wedi, Klaten, kembali menyiapkan tempat isolasi terpusat (Isoter) untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19. Tempat isolasi terpusat itu tersebar di masing-masing desa.

Camat Wedi, Rizqan Iryawan, mengatakan tempat isoter yang disiapkan desa memanfaatkan bangunan fasilitas umum milik pemerintah desa maupun rumah kosong. Hanya, saat ini tempat isoter yang disiapkan masing-masing desa belum ditempati pasien terkonfirmasi Covid-19.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Untuk isolasi per desa sudah menyiapkan isoter. Seluruh desa ada 19 desa sudah siap semua,” kata Rizqan Iryawan, Senin (7/2/2022).

Baca Juga: Satgas Covid-19 Klaten Antisipasi Lonjakan Kasus saat Libur Nataru

Ekspedisi Mudik 2024

Rizqan Iryawan menuturkan saat ini 11 orang terkonfirmasi positif Covid-19 yang tersebar di lima desa wilayah Kecamatan Wedi. Seluruh warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut saat ini menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing dengan pengawasan dari petugas kesehatan setempat.

“Kasus positif saat ini ada 11 orang tersebar di lima desa. Rata-rata kasus dibawa dari luar, oleh pendatang. Ada yang dari Tangerang serta Gunungkidul,” ungkap dia.

Disinggung upaya untuk menekan persebaran kasus Covid-19, Rizqan Iryawan mengatakan satgas kembali menggencarkan operasi yustisi. Selain menertibkan soal kepatuhan terhadap protokol kesehatan pencegahan Covid-19, operasi disertai tes antigen secara acak jika didapati pelanggaran terhadap protokol kesehatan maupun ketentuan pembatasan seperti yang diatur dalam instruksi bupati (inbup).

Baca Juga: Duh! Kasus Covid-19 di Klaten Diprediksi Meledak Lagi

“Sesuai instruksi bupati, kami mengadakan operasi yustisi. Kalau ada [usaha kuliner] yang buka melebihi pukul 22.00 WIB sesuai ketentuan yang diberlakukan serta kerumunan lebih dari 20 orang, kami lakukan tes antigen di tempat. Baik kepada pengelola maupun kepada tamu secara sampling. Kami sudah sosialisasikan ketentuan ini sejak Jumat [4/2/2022] dan sejauh ini rata-rata ketaatan terhadap ketentuan yang berlaku masih bagus,” jelas dia.

Berdasarkan data yang dihimpun, ada penambahan 33 orang terkonfirmasi positif dan 18 pasien Covid-19 di Klaten yang dinyatakan sembuh, Senin (7/2/2022). Jumlah total kasus aktif Covid-19 saat ini sebanyak 207 orang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan pemkab kembali menyiapkan tempat Isoter diantaranya Rumah Retret Panti Semedi, Hotel Edotel, serta GOR Gelarsena. Per Senin pagi, ada sekitar 10 orang terkonfirmasi positif Covid-19 yang menjalani isolasi di Panti Semedi.

Baca Juga: Waspada Potensi Lonjakan Corona, Satgas Covid-19 Klaten Beri Peringatan

“Untuk BOR [keterisian tempat tidur] rumah sakit untuk isolasi pasien Covid-19 saat ini baru 7 persen,” jelas Cahyono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya