SOLOPOS.COM - Sejumlah anggota Sapol PP Sukoharjo menghapus gaffiti ISIS di kawasan Desa Cemani, Kecamatan Grogol, Sukoharjo, Selasa (5/8/2014). (Iskandar/JIBI/Solopos)

Kanalsemarang.com, SEMARANG—Rencana deklarasi penolakan terhadap pembentukan Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS oleh narapidana kasus terorisme penghuni Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Kedungpane Semarang, Rabu (27/8/2014), batal.

Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Kedungpane Semarang Maliki membenarkan pembatalan rencana deklarasi tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Perwakilan Detasemen Khusus 88 belum bisa merapat hari ini,” katanya seperti dikutip Antara. Adapun untuk pelaksanaan deklarasi yang akan datang, ia belum bisa memastikan kapan waktunya.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia menuturkan deklarasi penolakan ISIS tersebut rencananya dilakukan oleh seluruh narapidana kasus terorisme. Menurut dia, kalau memang deklarasi yang dilakukan menolak keberadaan ISIS tentu diberi izin.

Terpisah, Kapolrestabes Semarang Komisaris Besar Djihartono mengatakan polisi akan tetap bersiaga di lapas saat pelaksanaan deklarasi.

“Kami akan pantau terus pelaksanaannya. Kalau ternyata isinya justru ikrar, tentu akan kami cegah,” katanya.

Ia mengungkapkan personel polisi akan terus disiagakan sampai ada kepastian pelaksanaan deklarasi. Sementara itu, informasi yang diperoleh deklarasi tersebut akan dilakukan oleh Abu Tholut, salah seorang narapidana penghuni Kedungpane.

Abu Tholut alias Ibnu Muhammad alias Agus Hamzah terbukti terlibat dalam mengorganisasi pelatihan para militer di Gunung Jalin Janto, Aceh Besar.

Ia juga terbukti atas kepemilikan sejumlah senjata api, seperti M16 dan AK47, serta senjata genggam. Pengadilan Negeri Jakarta Barat menjatuhkan vonis delapan tahun penjara terhadap Abu Tholut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya