SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Solopos/Ardiansyah Indra Kumala)

Solopos.com, BEKASI – Untuk meningkatkan semangat nasionalisme pelajar dan memupus perkembangan gerakan radikal, Kepolisian Negara Republik Indonesia mulai merintis Pencanangan Nasional Sekolah Toleransi.

Sekolah Toleransi rintisan perdana diterapkan di SMAN 13 Kota Bekasi, Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (14/8/2014), melalui penandatanganan plakat oleh Perwakilan Mabes Polri dan Pemerintah Kota Bekasi.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

“Saat ini sedang ramai isu keberadaan kelompok radikal untuk merekrut pelajar jadi anggotanya. Sebagai bentuk respons Polri, kami mengambil langkah antisipasi dalam bentuk Sekolah Toleransi berbentuk kegiatan berdasarkan Pancasila,” kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Ronny Sampy dalam sambutannya yang disampaikan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Div Humas Mabes Polri Brigjen Boy Rafli Amar.

Menurut dia, Polri menargetkan akan ada 400 hingga 500 sekolah per tahun yang akan menerapkan program serupa di Indonesia.

“Program ini menghadirkan dokter-dokter Pacasila dari kalangan pelajar yang akan mengobati segala bentuk keluhan pasiennya dengan resep yang telah terangkum dalam setiap butir Pancasila,” katanya.

Dalam praktiknya, kata dia, Sekolah Toleransi merupakan pengembangan dari Bimbingan Konseling sekolah yang memungkinkan siswa menjalin komunikasi tidak hanya sebatas pada rekannya, tetapi juga kepolisian, pemerintah daerah, tokoh masyarakat dan lainnya.

Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu mengaku bangga SMAN 13 terpilih sebagai sekolah perdana penerapan program tersebut di Indonesia.

Dikatakan Syaikhu, Sekolah Toleransi ini diyakini dapat menangkal perilaku radikal yang belakangan marak di tengah anak muda, khususnya kaum pelajar.

“Sebab, yang menjadi fondasi dari penyembuhannya adalah pengenalan butir Pancasila sejak dini,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya