Tutup Iklan

Antisipasi Gelombang Tiga, Dinkes Sleman Jemput Bola Vaksinasi Covid-19

Kepala Dinkes Kabupaten Sleman, Cahya Purnama, menyampaikan penurunan level PPKM berdampak pada pelonggaran aktivitas dan mobilitas masyarakat.

 Sekitar 1.100 orang awak angkutan umum penumpang diberi vaksin Covid-19 di sekitar Bandara Adi Sucipto, Rabu (23/6/2021). Kegiatan ini digelar kerjasama Jasa Raharja, Dishub DIY, Dinkes DIY, RS Harjolukito dan Organda DIY. (Harianjogja.com/Abdul Hamid Razak)

SOLOPOS.COM - Sekitar 1.100 orang awak angkutan umum penumpang diberi vaksin Covid-19 di sekitar Bandara Adi Sucipto, Rabu (23/6/2021). Kegiatan ini digelar kerjasama Jasa Raharja, Dishub DIY, Dinkes DIY, RS Harjolukito dan Organda DIY. (Harianjogja.com/Abdul Hamid Razak)

Solopos.com, SLEMAN — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sleman mengantisipasi kemungkinan gelombang ketiga persebaran Covid-19 dengan menggenjot vaksinasi Covid-19 dan mendisiplinkan protokol kesehatan kepada masyarakat.

Kepala Dinkes Kabupaten Sleman, Cahya Purnama, mengatakan persebaran Covid-19 di Sleman melandai. Tetapi, Cahya mengaku terus waspada terhadap potensi gelombang ketiga persebaran Covid-19 pada akhir tahun seperti disampaikan sejumlah pengamat.

Baca Juga : Dapat Izin Menparekraf, GL Zoo Perbolehkan Anak di Bawah 12 Tahun Masuk

“Strateginya memperkuat prokes, percepatan vakasinasi Covid-19 dengan jemput bola melibatkan puskesmas. Kami juga mengingatkan masyarakat disiplin protokol kesehatan,” kata Cahya, Selasa (12/10/2021).

Cahya menyampaikan penurunan level PPKM berdampak pada pelonggaran aktivitas masyarakat. Misalnya, banyak daerah membuka destinasi wisata secara terbatas dan menggelar pembelajaran tatap muka (PTM). Pelonggaran tersebut berdampak pada mobilitas masyarakat.

“Ini musim yang harus diwaspadai bersama. Tidak hanya Nataru dan Lebaran. Pergerakan Covid-19 berbanding lurus dengan pergerakan orang,” ujar Cahya.

Baca Juga : Jamu Ginggang, Racikan Abdi Dalem Pura Pakualaman, Digemari Bule

Dinkes mengingatkan Satgas di tingkat kapanewon hingga level terbawah selalu mewaspadai potensi gelombang ketiga. Cahya mengklaim zonasi epidemiologi tingkat kalurahan di Sleman menunjukkan gambaran baik per 10 Oktober 2021.

Saat ini, lanjut dia, hanya tiga kalurahan termasuk zona merah Covid-19, yakni Caturtunggal, Hargobinangun, dan Harjobinangun. Zona oranye antara lain Pakembinangun, Purwomartani, dan Margorejo.

“Yang zona hijau sudah banyak. Sebelumnya zona kuning saat ini sudah banyak yang hijau,” ujarnya.

Baca Juga : BOB Gelar Vaksinasi Covid-19 di Destinasi Wisata Kulonprogo

Jumlah penghuni tempat isolasi terpadu atau selter terus berkurang. Misalnya, Asrama Haji hanya satu pasien, Rusunawa Gemawang tak ada pasien, Rusunawa UII tidak ada pasien, dan Asrama Unisa sudah ditutup.

“RS DK Covid-19 juga sudah ditutup sementara untuk efisiensi. Untuk SDM-nya kami berdayakan kegiatan vaksinasi Covid-19,” ungkap Cahya.

Kepala RS DKC, Respati Tunggul Birowo, mengatakan tidak ada pasien Covid-19 menggunakan layanan dari kapasitas 50 tempat tidur. “Tidak ada pasien (yang dirawat). Untuk sementara operasional rumah sakit ini ditutup sementara,” katanya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Kerajaan Mataram Islam di Balik Asale Tanah Jawa

Kerajaan Mataram Islam memiliki  peninggalan bersejarah yang menjadi bagian dari kisah tanah Jawa yang tidak terlupakan.

Bacakan Pembelaan, Nani Terdakwa Satai Beracun Sisipkan Pesan Ini

Terdakwa kasus satai beracun, Nani Apriliani Nurjaman, 25, menyampaikan sejumlah permohonan kepada majelis hakim PN Bantul saat membacakan pembelaan, Senin (29/11/2021).

Sempat Longsor, Perbaikan Talud Juminahan Jogja Selesai

Pemerintah Kota atau Pemkot Jogja meresmikan talud yang berada di Kampung Juminahan, Kelurahan Tegalpanggung, Kemantren Danurejan.

Pemkab Kulonprogo Pesimistis Bisa Capai Vaksinasi 10 Persen Tahun Ini

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo sebelut sinkronisasi data warga jadi kendala vaksinasi Covid-19.

Di Tangan Mahasiswa UGM, Belatung Ternyata Bisa Jadi Makanan Kucing

Pakan kucing dari belatung karya empat mahasiswa UGM Yogyakarta ini diberi nama Got Meat. Selain kaya protein, Got Meat juga harganya terjangkau.

Demi Bikin Tarian "Soledo Loano", 3 Kabupaten Ini Harus Kolaborasi

Tarian "Soledo Loano" tercipta hasil kolaborasi Pemkab Magelang, Kulonprogo, dan Purworejo (Gelangprojo). Tarian ini digadang-gadang jadi daya tarik baru wisatawan.

PKL Malioboro Tolak Relokasi, Pemprov DIY: Untuk Kebaikan Pedagang

PKL Malioboro mengaku belum ada sosialisasi terkait rencana relokasi mereka. Sementara Pemprov DIY menuebut relokasi tersebut untuk memberikan kepastian kepada para PKL.

Viral Video Penganiayaan di Jalanan Kota Jogja, Ini Faktanya

Aparat Satreskrim Polresta Kota Jogja mengungkap fakta di balik video tentang penganiayaan atau pengeroyokan di jalanan yang viral.

Paguyuban Kawula Mataram Jogja Deklarasikan Anies Capres 2024

Paguyuban Kawula Mataram Jogja mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden RI pada 2024.

Kantor Manajemen PSS Sleman Dibakar, Ini Ciri-Ciri Pelaku

Kantor Manajemen PSS Sleman dibakar orang tak dikenal saat klub sepak bola itu bertanding di Stadion Manahan Solo.

PSS Sleman Kalah, Kantor Manajemen Dibakar

Kantor Manajemen PSS Sleman atau Omah Sleman dibakar oleh orang tak dikenal saat PSS Sleman melakoni laga kontra Persita Tangerang di Stadion Manahan, Solo.

Diduga Hendak Berbuat Jahat, 15 Remaja Digiring ke Mapolres Kulonprogo

Belasan remaja tanggung diringkus aparat Polres Kulonprogo karena diduga akan berbuat kejahatan jalanan, seperti klitih.

Kampung Flory Sleman Buka Lagi, Punya Wahana Baru yang Asyik Banget

Sejumlah wahana baru disediakan pengelola Kampung Flory Sleman yang bisa bikin pengunjung semakin merasa nyaman.

Kulonprogo Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana, Ini Dasarnya

Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Kulonprogo menetapkan status tanggap darurat bencana hidrometeorologi di wilayahnya menyusul banyaknya kejadian bencana tanah longsor.

Penyu Ditemukan di Pantai Selatan Kulonprogo, Dicek Tim SAR Sudah Mati

Warga di pesisir pantai selatan Kulonprogo kembali menemukan penyu. Penyu tersebut tak bisa diselamatkan dan dikubur di pinggri pantai.