SOLOPOS.COM - Ilustri Kentungan (JIBI/Solopos)

Harianjogja.com, SLEMAN—Polsek Cangkringan membagikan belasan kentungan untuk warga Kawasan Rawan Bencana (KRB) III Merapi di Dusun Kalitengah Kidul, Desa Glagaharjo, Selasa (10/6/2014) malam. Alat komunikasi tradisional itu diharapkan menjadi pengganti alat komunikasi modern saat sedang mati atau tidak bisa dipergunakan sebagai antisipasi gangguan kamtibmas.

Kapolsek Cangkringan AKP Rubianto menjelaskan, kentungan dibagikan di tiga Dusun di Glagaharjo, yakni Kalitengah Lor, Kalitengah Kidul dan Srunen. Ketiga dusun dipilih karena termasuk permukiman yang paling dekat dengan Puncak Merapi. Karena itu kentungan diharapkan bisa menjadi pengganti ponsel dan handy talkie (HT).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Belasan kentngan itu dipasang di seluruh pos kamling di tiga dusun tersebut. Selain itu warga juga diharapkan mempersiapkan kentungan di rumah masing-masing. Penggunaan alat tradisional itu sebagai upaya untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas jelang Pilpres dan Ramadan.

“Ini sebagai alat tradisional di pos kamling dan untuk mewujudkan kamtibmas. Kami memotivasi warga untuk menggunakan alat ini. Logikanya kalau ponsel, HT mati atau tak ada sinyal dan listrik mati, kentungan akan jadi solusi,” terangnya, Rabu (11/6/2014).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya