SOLOPOS.COM - Ilustrasi hujan (wallconvert.com)

Ilustrasi hujan (wallconvert.com)

Ilustrasi hujan (wallconvert.com)

Kanalsemarang.com, PEKALONGAN—Pemerintah Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, mengeluarkan status siaga darurat pada sejumlah daerah rawan bencana longsor terkait meningkatnya curah hujan di daerah setempat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Seksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pekalongan, Agus Arifin, di Pekalongan, Senin (15/12/2014), mengatakan bahwa sejumlah daerah rawan bencana longsor tersebut, antara lain Kecamatan Kandangserang, Petungkriono dan Kandang Serang.

“Khusus warga Desa Wangkelang, Kecamatan Kandangserang yang berbatasan dengan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, kami imbau untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap tanah longsor,” katanya seperti dikutip Antara.

Ia mengatakan pada Desa Wangkelang terdapat banyak retakan tanah dan terus bergerak sehingga kondisi itu berpotensi terjadi longsor.

Pemkab, kata dia, kini terus mengantisipasi adanya kemungkinan bencana longsor dengan memasang “Gama-EWS” yaitu alat yang berfungsi mendeteksi dini tanah longsor.

“Dengan dipasangnya alat ‘Gama EWS” di Desa Wangkelang maka ketika ada pergerakan kita bisa mengetahui secara dini,” katanya.

Menurut dia, selain itu, pemkab juga memberikan arahan pada masyarakat setempat tentang ancaman bahaya longsor dan bagaimana mengantisipasinya.

“Kami sudah memberikan arahan pada masyarakat sekaligus bersama-sama menambal retakan-retakan tebing dengan tanah,” katanya.

Ia mengatakan berdasarkan data peta potensi bencana lain yang kemungkinan melanda Kabupaten Pekalongan adalah potensi bencana banjir.

“Sedikitnya ada sembilan kecamatan yang berpotensi banjir sehingga siaga darurat bencana tersebut juga berlaku di daerah lain karena intensitas hujan juga relatif tinggi,” katanya.

Sebanyak sembilan kecamatan rawan banjir tersebut, yaitu Tirto, Wiradesa, Wonokerto, Siwalan, Sragi, Kesesi, Bojong, Kedungwuni, dan Buaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya