SOLOPOS.COM - ilustrasi. (dok Solopos)

Klaten (Solopos.com)–Tidak hanya warga rawan bencana yang waspada, tim Search and Rescue (SAR) Klaten juga telah mempersiapkan diri. Sebanyak tiga perahu disiapkan tim penyelamat tersebut.

Dari tiga perahu itu, dua di antaranya merupakan perahu karet. Sedangkan satu perahu merupakan perahu kayak.

“Salah satu perahu merupakan pinjaman dari sebuah outlet. Kami siap bertindak jika sewaktu-waktu banjir mengancam,” papar Komandan SAR Klaten, Pandu Wirabangsa saat ditemui Espos, Jumat (18/11/2011).

Dijelaskan Pandu, selain menyiapkan berbagai peralatan, pihaknya juga mengintensifkan tim siaga musim hujan di berbagai kawasan. Tim tersebut, lanjut Pandu, secara kontinyu melakukan survey di berbagai kawasan aliran sungai yang rawan banjir.

“Semua sungai terus kami pantau baik yang rawan lahar dingin maupun banjir. Mulai dari Kaliworo yang berhulu di Gunung Merapi, Kalidengkeng yang berhulu dari Kabupaten Sleman, serta aliran Sungai Bengawan Solo,” ungkapnya.

(103)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya