SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Indah Septiyaning W/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Indah Septiyaning W/JIBI/SOLOPOS)

KLATEN--Pemerintah Kecamatan Cawas berkoordinasi dengan berbagai elemen masyarakat membentuk tim tanggap bencana untuk mengantisipasi banjir tahunan yang melanda Cawas selama beberapa tahun terakhir.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Persiapan sumber daya manusia (SDM) dan peralatan telah disiapkan di masing-masing desa.

Ekspedisi Mudik 2024

Camat Cawas, Muchamad Nasir, 45, ketika ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Selasa (18/12/2012), mengatakan peralatan seperti karung goni, bronjong kawat, cangkul, sekop dan lain sebagainya telah diajukan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten. Semua alat itu sebagai antisipasi, khususnya untuk menahan laju air yang mungkin meluap dari tanggul sungai yang jebol.

“Kami juga menghubungi komunitas tanggap bencana (KTB) Cawas. Kami juga berkoordinasi dengan para kepala desa khususnya yang wilayahnya jadi langganan banjir,” ujarnya.

Ia menjelaskan, hampir semua wilayah di Kecamatan Cawas berpotensi terserang banjir saat hujan mulai deras. Di wilayah selatan, papar dia, Desa Kedungampel, Nanggulan dan Bendungan rawan terkena luapan Kali Jaran. Sedangkan di bagian timur, Desa Bogor, Tlingsing dan Japanan puluhan hentare padi berpotensi gagal panen karena terendam air.

“Di dekat Pasar Cawas itu, kalau hujan deras, juga bisa banjir. Kalau di daerah utara, Desa Gombang dan Bogor berpotensi dulu sering terkena banjir. Namun, beberapa waktu ini, tanggul-tanggul telah diperbaiki. Semoga tidak ada banjir lagi,” terang dia.

Kades Japanan, Sugino, 46, dijumpai Solopos.com di Kantor Kecamatan Cawas mengatakan banjir yang melanda areal persawahan di desanya menjadi menu tahunan bagi para petani. Sekitar 15-20 hektare sawah terpaksa gagal panen saat banjir menerpa.

“Tanggul sudah ditinggikan. Saat ini masih aman. Semoga besok tidak banjir lagi. Kasihan para petani kalau harus gagal panen,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya