Antartika Catat Rekor Baru Suhu Terpanas, Ada Apa?

Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB mengonfirmasi rekor suhu tertinggi baru benua Antartika, 18,3 derajat Celcius (64,9 derajat Fahrenheit).

 Panorama Benua Antartika. (Bisnis-Istimewa)

SOLOPOS.COM - Panorama Benua Antartika. (Bisnis-Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB mengonfirmasi rekor suhu terpanas baru untuk benua Antartika, yaitu 18,3 derajat Celcius (64,9 derajat Fahrenheit). Rekor suhu tertinggi itu dicatatkan pada tahun 2020 lalu.

PromosiData dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

Organisasi Meteorologi Dunia PBB menjelaskan rekor panas yang dicapai pada stasiun penelitian Esperanza Argentina di Semenanjung Antartika pada 6 Februari 2020. “Verifikasi catatan suhu maksimum ini penting karena membantu kami membangun gambaran cuaca dan iklim di salah satu perbatasan terakhir Bumi, semenanjung Antartika adalah salah satu daerah dengan pemanasan tercepat di planet ini. Karena itu, rekor suhu baru ini konsisten dengan perubahan iklim yang kami amati.” kata sekretaris jenderal WMO Petteri Taalas.

WMO menolak pembacaan suhu yang lebih tinggi dari 20,75C (69,4F), yang dilaporkan pada 9 Februari tahun lalu di stasiun pemantauan permafrost otomatis di Pulau Seymour terdekat, tak jauh dari semenanjung yang membentang ke utara menuju Amerika Selatan.

Baca Juga: Ini 5 Kiat Aman Berkenalan di Michat

Rekor terverifikasi sebelumnya untuk benua Antartika adalah 17,5C (63,5F) yang tercatat di Esperanza pada 24 Maret 2015. Rekor untuk wilayah Antartika yang lebih luas adalah 19,8C (67,6F), diambil di Pulau Signy pada 30 Januari 1982. Dalam memeriksa dua catatan suhu baru yang dilaporkan, komite WMO meninjau situasi cuaca di semenanjung pada saat itu. Ditemukan bahwa sistem tekanan tinggi yang besar menciptakan angin lereng bawah yang menghasilkan pemanasan permukaan lokal yang signifikan.

Evaluasi masa lalu telah menunjukkan bahwa kondisi seperti itu kondusif untuk menghasilkan rekor suhu, kata WMO. Para ahli  tidak menemukan kekhawatiran di Esperanza. Namun, menyebabkan kesalahan bias termal yang dapat dibuktikan untuk sensor suhu udara monitor permafrost, membuat pembacaannya tidak memenuhi syarat untuk ditandatangani sebagai pengamatan cuaca resmi WMO.

Periode Kering Terpanjang

Rekor baru di Esperanza akan ditambahkan ke arsip cuaca dan iklim ekstrem WMO. Arsip tersebut mencakup suhu tertinggi dan terendah di dunia, curah hujan, hujan es terberat, periode kering terpanjang, embusan angin maksimum, kilatan petir terpanjang, dan kematian terkait cuaca. Suhu terendah yang pernah tercatat di Bumi adalah minus 89,2C (minus 128,6F) yang tercatat di stasiun Vostok di Antartika pada 21 Juli 1983. Suhu rata-rata tahunan Antartika berkisar dari sekitar minus 10C (14F) di pantai hingga minus 60C (minus 76F) di bagian tertinggi interior.

“Bahkan lebih dari Kutub Utara, Antartika tidak tercakup dengan baik dalam hal pengamatan dan prakiraan cuaca dan iklim yang berkelanjutan, meskipun keduanya memainkan peran penting dalam mendorong pola iklim dan laut dan dalam kenaikan permukaan laut,” kata Taalas.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Cerdas Secara Emosional

Suhu rata-rata permukaan bumi telah naik 1C sejak abad ke-19, cukup untuk meningkatkan intensitas kekeringan, gelombang panas dan siklon tropis. Tapi udara di atas Antartika telah menghangat lebih dari dua kali lipat.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa pemanasan dua derajat Celcius dapat mendorong pencairan lapisan es di atas Greenland dan Antartika Barat melewati titik tidak bisa kembali. Alhasil pecahlah rekor catatan suhu terpanas benua Antartika.

“Rekor baru ini menunjukkan sekali lagi bahwa perubahan iklim memerlukan tindakan segera, sangat penting untuk terus memperkuat sistem pengamatan, prakiraan, dan peringatan dini untuk menanggapi peristiwa ekstrem yang semakin sering terjadi karena pemanasan global.” Jelas wakil presiden pertama WMO Celeste Saulo, yang merupakan kepala layanan cuaca nasional Argentina.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pencanangan 2022 Sebagai Tahun Toleransi Belum Dipahami Publik

+ PLUS Pencanangan 2022 Sebagai Tahun Toleransi Belum Dipahami Publik

Pencanangan 2022 sebagai tahun toleransi menemukan momentum tepat. Segregasi sosial dan pertentangan luas di masyarakat akibat politik identitas pada 2017 dan 2019 tidak boleh terulang pada 2024.

Berita Terkini

Xiaomi Redmi Note 11S Akan Dirilis Februari, Eh Spesifikasinya Bocor

Berikut bocoran spesifikasi Xiaomi Redmi Note 11S yang akan dirilis di India Februari 2022 mendatang.

+ PLUS Memahami Peluang Sekaligus Ancaman Metaverse

Metaverse menawarkan peluang sekaligus mengandung ancaman. Metaverse akan memunculkan nilai-nilai baru. Hanya pendidikan yang bisa membekali generasi bangsa Indonesia menjadi generasi pengendali metaverse, bukan malah diperbudak teknologi ini.

Advan Luncurkan Tab Advan Sketsa 2, Diklaim Pas Untuk Keluarga

Awal tahun 2022, Advan meluncurkan tablet terbarunya Advan Sketsa 2 yang diklaim cocok untuk semua anggota keluarga.

Ini Cara Mengaktifkan Kembali Nomor Telkomsel yang Kedaluwarsa

Cara mengaktifkan nomor ponsel yang hangus atau kedaluwarsa bisa dilakukan dengan menghubungi nomor USSD Menu Browser (UMB) *888*89# langsung dari ponsel pengguna.

Riset Independen, Samsung Kuasai Pasar Ponsel Entry Level Indonesia

Samsung mengeklaim telah jadi penguasa pasar ponsel entry level di Indonesia berdasarkan riset independen yang dilakukan vendor asal Korea Selatan ini.

Jam Pintar Olike Zeth W1 Meluncur di Indonesia, Ini Fiturnya

Olike resmi merilis jam pintar Olike Zeth W1 berdesain tipis untuk menemani aktivitas kesehatan penggunanya.

Dikeluhkan Pengguna, Apa Itu Pink Screen di iPhone 13

Sejumlah pengguna mengeluhkan masalah layar merah muda atau Pink Screen di iPhone 13, bagaimana penjelasan Apple?

Twitter Perkenalkan Fitur Baru, Bikin Pengguna Bisa Pamer NFT

Twitter memperkenalkan fitur terbaru NFT Profile Pictures yang memungkinkan penggunanya memamerkan non fungible token atau NFT.

Browser Khusus Kripto Buatan Opera, Apa Saja Fiturnya?

Fitur utama Web3 kripto browser ini adalah built-in non-custodial wallet yang akan mendukung blockchain termasuk Ethereum, Bitcoin, Celo, dan Nervos.

+ PLUS Rp8,1 Triliun per Bulan dari "Servis Telinga", Spotify Juaranya

Pendapatan bulanan Rp8,1 triliun bisa dicapai dari servis telinga alias penyedia layanan musik streaming.

Samsung Galaxy Tab A8 Meluncur di Indonesia, Cek Kemampuannya

Samsung baru saja meluncurkan Galaxy Tab A8 di Indonesia dengan kapasitas baterai 7.040 mAh dan memori internal hingga 128 GB.

Ini Tips Memilih STB Biar Bisa Nonton Siaran Digital

Belilah set top box (STB) yang memiliki tulisan DVB-T2 atau siap digital pada kemasannya, agar TV bisa menangkap siaran digital.

Data BI Bocor, Kemenkominfo Awasi Penyelenggara Sistem Elektronik

Menyikapi kasus peretasan Data Bank Indonesia (BI), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan terus mengawasi penyelenggara sistem elektronik.

+ PLUS Torium Memenuhi Kebutuhan Energi 10 Miliar Orang Selama 20.000 Tahun

Torium bisa memenuhi kebutuhan energi 10 miliar orang untuk jangka waktu 10.000 tahun hingga 20.000 tahun.

Infinix INBOOK X2 Dengan Kamera Pencahayaan Ganda

Infinix INBOOK X2 hadir dengan versi yang lebih ringan dan tipis jika dibandingkan dengan versi sebelumnya

Vivo V23 5G Rilis Akhir Januari, Ini Bocoran Spesifikasinya

Vivo V23 segera hadir dengan desain elegan dan fast charging, untuk memenuhi kebutuhan kecepatan dan kecanggihan teknologi saat ini.