SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Solopos.com, JAKARTA – Hyundai Grup (Hyundai dan Kia) mengalami penurunan penjualan terhitung dari catatan jelang akhir tahun. Salah satu faktor yang disebut mempengaruhi hal itu adalah masalah keterbatasan semikonduktor dan situasi Pandemi Covid-19 yang belum reda.

Dilansir Bisnis.com, Jumat (3/12/2021), Hyundai melaporkan penjualan mobil model SUV dan merek mewah Genesis mengalami peningkatan. Perusahaan menjelaskan bahwa ada 31.862 unit mobil yang laku di pasar dalam negeri.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Baca Juga: Cara Honda Wujudkan Kendaraan Bebas Risiko Tabrakan

Sementara itu, merek lain yang tergabung dalam Hyundai Group, Kia dikabarkan mengalami penurunan dalam hal penjualan mobil. Pada November 2021, produsen hanya mampu melego 222.232 unit ke pasar global, turun 13,3 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Kia dikabarkan mampu menjual produknya di pasar Korea sebanyak 46.042 unit, di mana jumlah tersebut turun 8,9 persen dari November tahun lalu. sekedaar informasi, SUV Sportage (7.540 unit) menjadi kendaraan yang paling laris, disusul oleh SUV Sorento (4.903 unit).

Baca Juga: Jeep Compass Ramaikan SUV Indonesia, Mampu Gerus Fortuner & Pajero?

Sementara itu di luar Korea, Kia diketahui hanya mampu menjual 176.190 unit, atau turun 14,3 persen dibandingkan tahun lalu. SUV Seltos menjadi pemimpin dalam penjualan mobil di pasar luar Korea dengan catatan 22.929 unit.

Penjualan Hyundai Group secara global sebagaimana disebut dalam laporan resmi perusahaan, pada November, Hyundai diketahui hanya menjual sebanyak 312.602 unit. Jumlah tersebut anjlok 17,1 persen dari bulan yang sama pada tahun lalu.

Baca Juga: Nissan Bakal Mulai Bisnis Baru dan Gelontorkan $17,6 Miliar

Secara total, penjualan mobil Hyundai di Korea mencapai 250.531 unit, turun 18,4 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Penurunan ini pun terjadi karena masalah keterbatasan semikonduktor dan situasi pandemi Covid-19 yang belum reda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya